Paripurna Pembahasan Ranperda APBD TA 2019, Pemkab Humbahas Prioritaskan Lima Sektor

0
297
Rapat paripurna DPRD Humbahas bersama Pemkab Humbahas.(foto/BN)
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – Humbahas (Sumut)

Pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) menggelar rapat paripurna pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 bertempat di gedung DPRD daerah itu, Senin (26/11/2018).

Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Humbahas Jimmy Togu Purba, dihadiri Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora sekaligus membacakan Nota Pengantar Rancangan APBD TA 2019.

Agenda sidang paripurna DPRD kali ini merupakan momen penting bagi kesinambungan pembangunan daerah yang direncanakan untuk TA 2019.

“Amanat Konstitusi dan bentuk komitmen kita bersama untuk melaksanakan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, dan bertanggungjawab dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten humbahas,” sebutnya.

Dalam konteks anggaran, baik proyeksi pendapatan, belanja maupun pembiayaan, secara normatif telah disusun sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Antara lain, sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakahir dengan UU Nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Saut Parlindungan Simamora mengatakan, pemerintah terus mendorong kinerja investasi dan perdagangan untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi nasional, pembangunan infrastruktur dan perbaikan iklim investasi menjadi prioritas utama pemerintah dalam mendorong perekonomian nasional untuk kabupaten Humbahas, sebagaimana telah ditetapkan pada RKPD, KUA & PPAS tahun anggaran 2019, diprioritaskan pada lima sektor utama.

Lima prioritas utama antara lain, sektor pendidikan dan kesehatan, pengembangan wilayah, sektor pertanian dan pariwisata, ekonomi kerakyatan juga tata kelola pemerintahan.

“Untuk program dan kegiatan pada kelima sektor prioritas ini, dapat dilaksanakan secara maksimal dengan optimalisasi seluruh sumber daya yang ada, serta partisipasi segenap pemangku kepentingan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kualitas serta kapasitas sumber daya manusia,”  imbuhnya.

Rapat paripurna dihadiri Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit, Wakil Ketua DPRD Humbahas Marsono Simamora, Sekda Drs.Tonny Sihombing, Wakapolres Humbahas Kompol David P.Silalahi, Pabung 0210/TU Mayor Holden Gultom, Ketua TP PKK Ny.Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Pison SH dari Kejari Humbang Hasundutan dan juga semua pimpinan OPD Kabupaten Humbahas.(B.Nababan)

 

Editor : Maris