Pasien Positif Corona Bertambah, Kabupaten Sergai Hampir Mendekati Zona Merah

0
1942
H Akmal, juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Di penghujung Ramadhan 1441 H, terdapat satu orang lagi masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang terkonfirmasi terpapar wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

“Identitasnya berinisial YG (12), seorang anak perempuan yang merupakan warga Kecamatan Dolok Masihul yang dinyatakan positif corona, berdasarkan hasil laboratorium RT-PCR SARSCoV-2, di Rumah Sakit USU Medan, “kata H Akmal, juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai yang disampaikan kepada wartawan melalui WhatsApp, Jumat (22/5/2020) pagi.

Akmal menyebut, jika YG merupakan kerabat korban, berinisial AJAS yang dinyatakan positif Covid – 19 dan telah meninggal dunia, pada 6 Mei 2020 lalu.

YG juga baru saja diambil sampel swab untuk melakukan PCR test, bersama 7 orang yang menjalin kontak dengan korban, pada Rabu (20/5/2020) lalu. Dua orang diantaranya, berinisial EG (9 tahun) dan RS (57), dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan YG hasilnya diketahui positif, pada Kamis (21/5/2020), pukul 14.00 WIB.

Menurut keterangan Kadis Kesehatan, dr Bulan Simanungkalit, lanjut Akmal, saat ini YG, telah dirujuk di RS GL Tobing Tanjung Morawa, Deli Serdang, guna mendapat perawatan intensif. “Hingga saat ini, masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang terkonfirmasi positif Covid – 19 sebanyak empat orang. Tiga orang masih dalam perawatan dan satu orang telah meninggal dunia,” ungkap Jubir Gugus Tugas.

Masih kata Akmal, perkembangan sebaran ODP, OTG dan PDP per tanggal 21 Mei 2020, pukul 19.00 WIB, yaitu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih menjalani masa pantau selama 14 hari sebanyak 17 orang. Sedangkan yang sudah menjalani isolasi atau karantina mandiri, dinyatakan selesai pantau dan sehat sebanyak 761 orang.

Sementara itu, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 4 orang. Jumlah OTG berkurang 1 dari data kemarin karena berubah status setelah hasil swab dari RS USU per tanggal hari ini, dinyatakan positif Covid-19.

Warga positif Covid 19 tersebut telah dirujuk dan mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya di RS GL Tobing Tanjung Morawa, sebagai salah satu RS Rujukan Covid 19 di Provinsi Sumut, bersama 2 warga yang hasil swabnya telah lebih dahulu dinyatakan positif kemarin.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini ada 1 orang, yaitu pasien yang berobat langsung ke faskes di Medan. Begitupun dengan jumlah PDP yang selesai pengawasan sebanyak 28 orang. Laporan terkini ada 2 PDP sembuh dari RS Trianda Perbaungan. Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang meninggal ada 2 orang dan PDP yang meninggal ada 4 orang.

Terkait dengan upaya yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, untuk warga sekitar wilayah tempat tinggal pasien Covid-19 telah dilaksanakan tracing kontak sebanyak 30 orang dan telah dilakukan  test cepat (rapid test) dengan hasil semuanya negatif. Tindakan preventif penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan disinfeksi (sterilisasi) di lingkungan tersebut juga akan terus dilaksanakan selama 14 hari, katanya.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sergai menjelaskan, total sudah 4 orang masyarakat Sergai yang terpapar corona. Itu artinya, Kabupaten Sergai sudah mendekati zona meerah. Oleh karenanya diminta kepada masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada dan terus saling mengingatkan satu sama lain. Tetap beraktivitas dari rumah  bagi yang tidak punya kepentingan bekerja, serta tidak mudik. Apabila keluar rumah, agar menjalankan protokol keluar-masuk rumah dengan disiplin. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Berolah raga secara rutin dan teratur, menjaga jarak fisik 1-2 meter dengan orang lain dan tidak berkerumun, himbaunya.

“Juga melakukan tindakan paling sederhana, seperti disiplin mengenakan masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak fisik (physical distancing), serta menjauhi kerumunan merupakan bentuk sumbangsih dan peran penting setiap masyarakat untuk turut serta memerangi pandemi Covid – 19 di lingkungan masing-masing, “tambahnya.

“Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, kami mengimbau kepada warga Sergai yang berada di luar kota agar tidak mudik sampai masa pandemi ini berakhir. Tetap melakukan silaturahmi secara digital dengan memanfaatkan berbagai platform aplikasi dalam berkomunikasi jarak jauh, tanpa tatap muka secara langsung. Namun, tidak mengurangi makna silaturahmi dan kekeluargaan yang ada,” tandas Jubir Gugus Tugas, H. Akmal.

(ML.hrp/Rls)