Paus Terdampar di Dekat Sungai di Sumsel, Warga Coba Evakuasi ke Laut

0
4
Foto: Paus terdampar di dekat sungai di Sumsel (dok. Istimewa)
Dijual Rumah

OKI, buktipers.com – Seekor paus ditemukan terdampar di dekat Sungai Kong, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel). Warga pun berupaya menyelamatkan paus itu dengan menariknya ke laut.

Paus itu pertama kali ditemukan warga terdampar pada Minggu (24/1/2021). Paus terdampar dan terjebak di lumpur Sungai Kong sehingga membuat sekitar heboh warga.

Camat Tulung Selapan, Jemy, mengatakan dirinya mengetahui adanya paus terdampar dari warga. Paus itu diduga masuk hingga ke wilayah sungai saat air sedang pasang.

“Kemarin setelah mendapat laporan dari warga, saya langsung menuju ke lokasi,” kata Jemy kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Jemy mengatakan paus itu memiliki panjang sekitar 7 meter dan berbobot setengah ton. Warga setempat berupaya menyelamatkan dengan menarik paus itu ke laut menggunakan dengan dua unit speedboat.

“Sejak kemarin warga berupaya menarik ikan paus pakai speedboat. Tapi belum berhasil karena terlalu besar,” kata Jemy.

Jemy mengaku sudah melaporkan penemuan paus terdampar itu ke BKSDA Sumsel serta Dinas Perikanan Kabupaten OKI. Dia mengatakan ada luka di bagian ekor paus tersebut.

“Kami sudah lapor ke pihak berwenang. Sepertinya ada luka di buntut ikan yang menyebabkan sulit dibawa ke laut lepas,” katanya.

 

Sumber : detik.com