Pelaku Penipuan dengan Modus Bisa Kerja di PJKA Diamankan Polisi

0
80
Kasat Reskrim AKP Rusdi Marzuki menjelaskan penanganan kasus penggelapan uang ratusan juta rupiah dengan modus menawarkan lowongan pekerjaan di PJKA.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Rusdi Marzuki menjelaskan penanganan kasus penggelapan uang ratusan juta rupiah dengan modus  menawarkan lowongan pekerjaan di PJKA.

Pelaku berinisial ME alias Erwin (27), wiraswasta, dan telah diamankan, pada Jumat 3 Desember 2021 lalu.

Sat Reskrim Polres Labuhanbatu dibawah pimpinan Kasat, AKP Rusdi mengamankan tersangka dari pelariannya, di RSU Santa Maria, Kecamatan Suka Jadi, Provinsi Riau saat pelaku sedang membesuk temannya yang sedang sakit.

Adapun barang bukti yang disita dari pelaku yaitu satu unit Hp Samsung biru, satu unit Hp Vivo dan uang tunai Rp. 5.900.000.

Dari hasil introgasi, pelaku mengaku telah melakukan penipuan lebih dari 20 kali dengan modus menawarkan lapangan pekerjaan dari PJKA.

Namun saat ini, sesuai data yang tercatat, baru delapan orang korban yang membuat laporan pengaduan, di Polres Labuhanbatu.

Adapun total kerugian para korban berdasarkan data dari delapan Laporan Polisi adalah Rp. 996.000.000 (Sembilan Ratus Sembilan Puluh Enam Juta Rupiah) dan dihimbau kepada masyarakat yang menjadi korban pelaku penipuan agar datang ke Polres Labuhanbatu dengan membawa bukti-bukti.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu menghimbau agar tidak mudah terpengaruh dengan janji palsu maupun tipu muslihat. Hati – hati dan waspada serta cek kebenaran informasi tersebut terlebih dahulu, katanya.

Terhadap pelaku masih dilakukan pengembangan, dan pelaku dijerat dengan pasal 378 Sub 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

 

(Syafii Harahap)