Pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba Dapat Pelatihan dari Kemenparekraf

0
8
Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Krearif (Kemenparekraf), menggelar pelatihan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), di Niagara Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Kamis (18/2/2021).
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com – Mendukung kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Krearif (Kemenparekraf), menggelar pelatihan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), di Niagara Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Kamis (18/2/2021).

Koordinator Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf, Donni Setiawan dalam sambutanya menyampaikan, tujuan pelatihan    Master UMKM Ekonomi Kreatif Siap Digital  ini, untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM, di kawasan Danau Toba dengan harapan dapat meningkatkan penjualan produk dengan memanfaatkan peluang pasar digital secara online yang saat ini penggunaannya ratusan juta setiap harinya.

Menurut Donni, melalui pasar digital, penjualan produk UMKM dari kawasan Danau Toba akan meningkat karena branding produk akan lebih dikenal di pasar nasional dan global melalui internet atau media sosial yang dapat jual dan transaksi secara online.

“Melalui digital ini, produk UMKM lokal dari Kawasan Danau Toba akan meningkat dengan memanfaatkan peluang pasar melalui pengguna media sosial yang selalu aktif sekitar seratusan juta setiap harinya,” tegas Donni

Dirinya mengajak para pelaku UMKM kawasan Danau Toba agar aktif dan berinovasi untuk meningkatkan produk-produk lokal dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional  Super Prioritas Danau Toba sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Nasional Super Prioritas, perhatian pemerintah pusat.

Donni berharap, melalui pelatihan dengan tema Master UMKM Ekonomi Krearif Siap Digital, selama saru hari ini, puluhan pelaku UMKM yang bergerak dibidang kuliner, souvenir dan hiburan di kawasan Danau Toba dapat membuat branding produk dan mampu memafaatkan peluang pasar melalui pengguna media sosial untuk meningkatakan penjualan di pasar nasional bahkan ke manca negara.

Sementara,. Kepala Devisi Sistim Pembayaran Pengelohan Keuangan dan Manajemen Inten BI Sumatera Utara, Nasrullah menyampaikan, pihaknya mendukung program kegiatan pelatihan yang digelar hampir setiap bulannya di kawasan Danau Toba untuk meningkatkan ekonomi nasional melalui produk klaster UMKM yang kreatif yang dapat dipasarkan, melalui digitalisasi melalui transaksi secara online pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Acara pelatihan tersebut, dihadiri Sekretaris Dinas Pariwisata Simalungun, Hamson Napitupulu,  Community Development Manager Dana Indonesia, Patrice Sagay, Praktisi Branding Produk, Surya Agung Wasesa, puluhan peserta pelaku UMKM Kabupaten Samosir, Simalungun dan Kabupaten Dairi.

Acara dirangkai dengan pemberian cendramata dari dana ke Kemenparekraf dan Dinas Pariwisata Simalungun.

Diskusi tata cara pemasaran produk melalui digital, rapid test antigen dan foto bersama dan acara mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

(rel)