Pembangunan Tembok Penahan Tanah di Pematang Cermai Diborongkan ke Pihak Ketiga

0
92
Proyek Tembok Penahan Tanah yang terletak di Dusun III Desa Pematang Cermai diduga dikerjakan pihak ketiga.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang terletak di Dusun III Desa Pematang Cermai, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021 dengan panjang volume 380 meter total anggaran sebesar Rp.131.872.000, (seratus tiga puluh satu juta delapan ratus tujuh puluh dua ribu rupiah) diduga diborongkan kepada pihak ketiga oleh pihak Desa dengan warga di luar Kecamatan Tanjung Beringin.

Seharusnya pekerjaan TPT itu dilakukan bersifat swakelola dengan penyerapan tenaga kerja yang maksimal. Agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan kepada masyarakat setempat, guna mengatasi kesenjangan, dan mengentaskan kemiskinan. Namun warga sekitar diduga tidak ada dilibatkan dalam kegiatan pelaksanaan pekerjaan TPT tersebut.

Menurut informasi di lapangan, Selasa (16/11/2021), dalam masa pengerjaan pembangunan TPT tersebut terlaksana tidak ada pemasangan papan informasi, sehingga menimbulkan kecurigaan serta menjadi pertanyaan bagi masyarakat sekitar.

Saat dikonfirmasi perihal tidak terpasangnya papan informasi disaat pengerjaannya dan diduga pembangunan tembok penahan tanah diboronkan, kepada pihak ketiga, Kepala Desa Pematang Cermai, Misdi, di ruang kerjanya, Senin (15/11/2021), mengatakan, sebelumnya papan informasi ada dipasang di balik teras rumah, makanya tidak dipasang dipohon karena takut hilang diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Disisi lain, berbeda dengan keterangan warga setempat yang tidak mau disebut namanya mengatakan, disaat pembangunan TPT yang terletak di Dusun III Desa Pematang Cermai tersebut sewaktu pengerjaannya kurang lebih sebulan yang lalu sama sekali tidak ada terpasang papan informasi sehingga menjadi pertanyaan masyarakat setempat.

Terkait pengerjaan TPT yang diduga dikerjakan oleh pihak ketiga yang dimana dikerjakan oleh orang luar dari Kecamatan Tanjung Beringin, Kades Misdi menjelaskan, siapapun boleh mengerjakan TPT itu, asalkan mengikuti cara-caranya.

Lagi pula masyarakat tidak mau mengerjakannya, lantaran lokasinya di peceran, lagi pun masyarakat tidak keberatan bahkan masyarakat berterimakasih, adanya pembangunan TPT itu.

“Untuk apa dikerjakan oleh masyarakat setempat kalau pekerjaannya “Plentat-plentot” gak beres,” ucap Kades Misdi.

Sebelum dilaksanakannya pembangunan TPT yang terletak di Dusun III, kita sudah konsultasi dengan pemborong tempatan. Namun mereka tidak menyanggupinya, jadi terpaksa kita serahkan kepada pemborong dari luar kecamatan. Tapi begitupun, pekerjanya sebagian ada dari warga setempat, dan dari luar Kecamatan Tanjung Beringin, kata Misdi.

“Dengan adanya penjelasan dari Kades Misdi tersebut, warga minta kepada Pemerintah dan instansi terkait inspektorat untuk segera melakukan evaluasi dan peninjauan pekerjaan Tembok Penahan Tanah yang ada di Dusun III Desa Pematang Cermai,” kata warga.

 

(ML.hrp)