Pembekalan Caleg PBB di Jambi Dihentikan Bawaslu

0
189
Pembekalan caleg PBB di Jambi (Ferdi/detikcom)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Jambi

Kegiatan pembekalan caleg yang dilakukan oleh DPW PBB Jambi dihentikan sementara oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi. Pemberhentian kegiatan itu dilakukan Bawaslu karena tak ada surat izin.

“Kegiatan kita hentikan sementara karena tidak ada STTP dari kepolisian kepada kita. Harusnya dalam kegiatan seperti itu STTP dari kepolisian harus ada dilampirkan ke kita untuk dapat kita terima,” kata anggota Bawaslu Jambi Fahrul Rozi saat ditemui di kantornya, Selasa (15/1/2019).

Menurut Rozi, setiap partai dalam melakukan kegiatan harus melampirkan surat dari kepolisian. Kemudian surat itu harus dilampirkan kepada Bawaslu agar dapat diketahui apakah kegiatan yang dilakukan partai itu sifatnya melanggar atau tidak.

“Jadi aturan mengatur, kalau ada peserta pemilu melakukan kegiatan kampanye, harus dilampirkan surat dari kepolisian. Lalu STTP itu dilampirkan ke KPU maupun Bawaslu. Berdasarkan Pasal 68 PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu, setiap partai kalau tidak ada STTP, Bawaslu bersama pihak kepolisian terpaksa memberhentikan kegiatan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PBB Provinsi Jambi Yulius Nur saat dimintai konfirmasi terpisah mengaku kegiatan yang dilakukan oleh DPW PBB itu bukan bersifat kampanye, melainkan pembekalan caleg di Jambi. Diketahui kegiatan pembekalan caleg DPW PBB Jambi itu dilakukan pada Selasa siang di gedung di Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi.

Ia pun menjelaskan, sebelum kegiatan dilakukan, DPW PPB Jambi sudah melakukan pemberitahuan kepada pihak kepolisian secara lisan. Hanya, DPW PBB Jambi lupa melampirkan surat pemberitahuan tertulis dan disampaikan ke Bawaslu Jambi.

“Kegiatan itu dilakukan selama dua hari. Setelah surat itu kita lampirkan, maka kegiatan yang sifatnya internal partai sudah dapat kita jalankan seperti biasanya,” tuturnya.

Sumber : Detik.Com