Beranda Lintas Provinsi Pembuatan Jalan Onderlagh Kampung Tunggal Warga Terindikasi Mark Up dan Asal Jadi

Pembuatan Jalan Onderlagh Kampung Tunggal Warga Terindikasi Mark Up dan Asal Jadi

59
0
Pj Kepala Kampung Tunggal Warga, Makhqriza Heri Pratama dan pembangunan jalan onderlagh yang terindikasi mark up anggaran dan asal jadi.
Loading...

Tulang Bawang, buktipers.com – Pembangunan jalan onderlagh yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019, di Kampung Tunggal Warga, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, disinyalir mark up anggaran dan asal jadi, Selasa (10/9/2019).

Betapa tidak, kegiatan yang telah mencapai titik finishing, dengan volume panjang 1.176 meter, dengan jumlah anggaran yang cukup fantastis Rp. 362.752.300 (tiga ratus enam puluh dua juta tujuh ratus lima puluh dua ribu tiga ratus rupiah), kondisi pekerjaannya diduga carut marut.

Hal tersebut diketahui, setelah beberapa awak media, melakukan investigasi di lokasi kegiatan.

Ditemukan beberapa kejanggalan dalam teknis pengerjaan, seperti penyusunan batu, banyak ditemukan dengan posisi tertidur.

Baca Juga!  Kapolsek Pengkadan Bimbing dan Latih Siswa SMAN 1 jadi Calon Anggota Polri

Tak hanya itu, sebelum penyusunan pun, diduga tidak dilakukan penghamparan pasir, serta kedalaman penggalian berm (penguncian), tidak sesuai dengan RAB yang ada.

Dikonfirmasi, Pj Kepala Kampung Tunggal Warga, Makhqriza Heri Pratama mengatakan, dirinya tidak tau menau tentang pekerjaan itu.

Menurutnya, saat ini sepenuhnya masih tanggung jawab TPK, sebab untuk pengerjaan sepenuhnya diserahkan langsung kepada TPK untuk mengerjakannya.

“Secara teknis saya tidak memahami, karena saya bukan orang teknis, maka saya serahkan kepada TPK untuk mengerjakannya. Nanti setelah saya lihat kondisi kerjaan di lapangan seperti apa, maka saya akan kordinasi dengan pihak terkait, seperti Inspektorat. Jika ada yang tidak sesuai, maka kerjaan tersebut siap dibongkar. Dan sebelum serah terima dengan saya, itu masih tanggung jawabnya TPK. Tanggung jawab saya nanti, jika kegiatan tersebut telah selesai dan telah serah terima antara TPK dengan saya, dan saya menyerahkan kepada masyarakat,”paparnya seakan mengelak.

Baca Juga!  8 Terdakwa 70 Kg Sabu dan 3000 Pil Ekstasi Dituntut Hukuman Mati, 1 Lagi Seumur Hidup di PN Kualasimpang

Sementara, Danu, selaku ketua tim pelaksana kegiatan, didampingi Kaur Perencanaan Pembangunan, Waluyo mengatakan, pembuatan jalan onderlagh tersebut telah dikerjakan dan sesuai dengan juknis dan RAB yang ada.

Mengenai lokasi pembuatan jalan onderlagh, Danu mengatakan, terbagi menjadi empat titik lokasi, dimulai dari RK. 02 hingga RK. 05, dengan total volume 1.176 meter dan dengan total pagu anggaran Rp. 362.752.300 yang dikerjakan di tahap kedua.

“Kalau menurut saya, kerjaan itu sudah sesuai. Kalau memang seandainya ada yang kurang sesuai, maka nanti akan dikerjakan ulang. Sejauh ini, proses pengerjaan sudah selesai penyusunan batu, wales sudah berjalan dan untuk penimbunan pasir dari atas baru, dikerjakan hari ini,” ucap Danu.

Baca Juga!  Polsek Putussibau Selatan Bersama Bhayangkari Berbagi Sembako pada 16 Warga Kurang Mampu

Di sisi lain, Camat Banjar Agung, Sudirman saat dimintai tanggapannya, tidak bisa berkomentar banyak.

Karena menurutnya, ada pihak-pihak terkait yang lebih membidanginya.

“Saya hanya berharap, pembangunan yang bersumber dari anggaran negara, diterapkan sebaik mungkin sesuai dengan juknis dan RAB yang telah ditentukan,” ujar Sudirman, di ruang kerjanya.

(Jun/Tim)

Loading...