Beranda Nasional Pembukaan Debat ke-5 Pilpres: Prabowo Dinilai Ngegas, Ma’ruf Kalem

Pembukaan Debat ke-5 Pilpres: Prabowo Dinilai Ngegas, Ma’ruf Kalem

90
0
Foto: Debat Capres Cawapres kelima (ist/KPU)
Loading...

Buktipers.com – Jakarta

Pakar komunikasi dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai Capres Prabowo Subianto mampu menampilkan ciri khasnya pada sesi pertama debat capres-cawapres. Sementara itu Cawapres Ma’ruf Amin dinilai tampil tenang karena tidak memberikan pernyataannya pada sesi pembuka debat.

“Mereka berdua mulai menampilkan ciri khas, dan Pak Prabowo langsung ngegas dengan dia mengatakan arah pembangunan salah. Itu cukup membuat dia menjadi perhatian, tapi kemudian Mas Sandi menurunkan emosi Prabowo, berusaha menenangkan, berusaha mengatakan hal-hal yang lebih positif seperti Indonesia negara kaya,” ujar Hendri saat dihubungi, Sabtu (12/4/2019).

Dia pun menilai wajar Jokowi sebagai petahana menyampaikan keberhasilan selama kepemimpinannya, dan memaparkan program ke depan jika kembali terpilih. Namun Hendri memberi catatan pada 3 kartu yang menjadi janji Jokowi.

Baca Juga!  Bupati Nias Selatan Marahi Ketua Bawaslu, Ini Penyebabnya

“Hanya saja memang hati-hati, karena 3 kartu itu berpotensi untuk diserang, karena 3 kartu itu seperti kekurangan dia terhadap pembangunan yang dia lakukan. Jadi artinya kalau dia bilang sembako nanti ada kartu sembako yang didiskon artinya nanti kalau dia memimpin harga sembako memang mahal,” tuturnya.

“Demikian juga dengan link and match di kartu pra kuliah, tadi juga sempat bilang korban-korban PHK akan dilatih artinya dia juga mengakui bahwa ada PHK pada saat dia memimpin. Jadi menurut saya hati-hati dengan 3 kaartu itu, jadi harus dielabodrasi lebih jauh,” lanjutnya.

Hendri juga menyoroti Freeport yang sempat diungkapkan Jokowi dalam debat. Menurutnya, selama ini polemik tentang Freeport belum selesai.

Baca Juga!  Cerita Polisi Gendong Nenek yang Ingin Nyoblos Menuju TPS

“Dan kalau Prabowo-Sandi ini mengelaborasi lebih jauh mungkin menarik. Di sesi pertama itu yang paling yang paling tenang adalah Kiai Ma’ruf, karena dia nggak ngoming,” ucapnya.

Sumber : detik.com

Loading...