Pemdes Bitung Sari Rehab Rutilahu Milik Mak Ita

0
194
Kondisi rumah Mak Ita (60) yang direhab Pemerintah Desa Bitung Sari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. (Foto/Choky)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Bogor (Jabar)

Pemerintah Desa Bitung Sari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, akhirnya merehab rumah Mak Ita (60).

Perempuan yang hidupnya seorang diri, di sebuah bangunan reot yang kondisi atap bocor, juga kondisi dinding terkelupas, kini sudah tampak rapi, setelah dilakukan perbaikan total.

Hal tersebut dirasakan oleh kucuran bantuan dari Pemerintah Desa yang memprioritaskan nasib rumah tinggalnya, sebagai salah satu penerima manfaat bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) yang dikucurkan oleh pemerintah.

Kepala Desa Bitung Sari, melalui Kaur Pembangunan, Asep Saepudin menegaskan, “Seluruh penerima manfaat, kita lakukan verifikasi secara matang dan mendetail dan harus warga yang  layak dan patut diprioritaskan,”ungkap Asep, kepada buktipers.com, Kamis (27/6/2019).

Kondisi rumah Mak Ita (60) yang direhab Pemerintah Desa Bitung Sari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. (Foto/Choky)

Selaku Pemerintah Desa yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pendataan, selalu mengacu pada aturan serta mengambil langkah prioritas. Agar bantuan tersebut dirasakan oleh orang semestinya dan tepat sasaran, ujarnya.

“Sebelumnya, bayangkan saja seperti nasib Bu Ita sebelum rumahnya direhab.Tinggal seorang diri, dengan keadaan rumah rewot dengan kondisi atap bocor. Bila musim penghujan datang, air dari langit langsung  mengucur deras kedalam rumah. Saat ini, kita melakukan perbaikan total milik Bu Ita dan bukan lagi rehab. Ini semua bentuk tanggung jawab kami,”ungkapnya.

Pemerintah Desa melakukan rehab sesuai juklak dan juklisnya.

Selain Mak Ita, Jueni (45), warga yang tinggal di  RT 36/06, juga satu  peserta penerima  mamfaat. Tampak kondisi rumah memprihatinkan, atap bocor dan dinding pada keropos.

 

(Choky)