Pemkab Lingga Pasarkan Dua Produk Unggulan Tahun 2022

0
10
Foto produk unggulan Pemkab Lingga.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Pemkab Lingga di bawah kepemimpinan Muhammad Nizar-Niko, berhasil meraih prestasi pencapaian kerja keras dan nyata mampu memasarkan dua produk unggulan Kabupaten Lingga, berupa minyak goreng berbahan baku kelapa dan air mineral kemasan bersumber alami dari pegunungan Daik, Kabupaten Lingga, Kepri.

Launching pruduksi minyak goreng olahan buah kelapa yang berpusat di Sentra IKM Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan ini, dihadiri langsung oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar, S,Sos.

Bupati berharap, pruduksi minyak goreng kelapa yang mulai dipasarkan tersebut dapat terus berkelanjutan serta mendongkrak perekonomian dan selain itu dapat juga mengatasi permasalahan kelangkaan minyak goreng sebagai kebutuhan rumah tangga pada saat ini, khususnya di wilayah Kabupaten Lingga.

“Semoga produksi minyak goreng olahan buah kelapa ini terus berjalan dengan hasil produksi yang lebih besar, baik itu minyak mentah, minyak goreng, cocofeat, cocofiber maupun arang breket,” kata Bupati Lingga Muhammad Nizar, pada Selasa (12/04/2022) lalu.

Dikesempatan yang sama, Bupati Lingga meminta stok yang tersedia di Sentra IKM Kelapa dapat langsung didistribusikan pada masyarakat serta mengucapkan terimakasih pada Koperasi Selingsing Jaya Mandiri yang telah bekerjasama dengan Disperindagkop Kabupaten Lingga, sehingga apa yang selama ini diwacanakan oleh pemerintah daerah kabupaten lingga menjadi terwujud dan nyata.

Dan inilah bukti kerja keras kita selama ini terwujud gemilang dengan meluncurkan pruduksi minyak goreng kemasan olahan buah kelapa, katanya.

“Insya Allah, nantinya minyak goreng kemasan ini akan didistribusikan untuk kebutuhan masyarakat kita dengan harga penjualan cukup terjangkau yakni seharga Rp. 22.000 perliter, baik berupa dalam bentuk kemasan plastik maupun kemasan botol,” ungkap Bupati Nizar.

Selain itu, Bupati Lingga juga meminta stok minyak goreng yang tersedia di Sentra IKM Kelapa saat ini dapat langsung didistribusikan pada konsumen baik itu toko, warung-warung, atau kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar supaya masyarakat bisa merasakan dampak dari hasil oleh minyak kelapa didaerahnya sendiri yakni negeri Bunda Tanah Melayu yang kita cintai ini. kata Muhammad Nizar pada saat itu.

Lebih lanjut, Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengatakan, sebelum launching minyak goreng kelapa kemasan berlogo/merek Selingsing berstandard halal dan sudah mengantongi izin uji kelayakan pemasaran ini. Pemkab lingga juga sebelumnya sudah juga melakukan launching perdana Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bersumber langsung alami dari mata air Gunung Daik yang terletak di pusat Ibu Kota Kabupaten Lingga yang saat ini sedang terus mengembangkan perindustriannya.

Untuk pengetahuan bersama, usaha air mineral bersumber dari Gunung Daik Lingga itu, telah memiliki badan hukum serta izin BPOM mulai dari cap halal hingga dijamin kualitas airnya, kata Bupati Lingga, Muhammad Nizar melalui Direksi BUMD PT. PSM, M Syahrial, belum lama ini.

Syahrial juga menyampaikan, sebelum didistribusikan dan dipasarkan olahan air minum mineral berlogo Selingsing ini, pihaknya telah melakukan setiap proses uji kelayakan seperti Lab AMDK minuman yang berukuran mulai dari kemasan berbentuk gelas 40 mililiter (ml), kemasan botol 330 ml, 600 ml dan 1.500 ml dengan logo/cap merek air mineral bertuliskan Gunung Daik dengan mengedepankan serta mengutamakan mutu dan kualitas, yang siap disajikan dan dipasarkan ke masyarakat luas dengan pengupayaan semaksimal mungkin, agar supaya kedepannya air mineral kemasan hasil olahan kerja nyata kita, kabupaten lingga mampu bersaing pemasarannya dengan air mineral lainnya.

Keberhasilan pencapaian Kabupaten Lingga di Tahun 2022 ini sungguh sangat luar biasa dan ini semua berkat kerja keras tim yang saling bersinergi dengan apa harapan Pemkab Lingga dan masyarakat selama ini sehingga pada akhirnya kabupaten lingga melalui PT.PSM yang dipercayai mulai memasarkan hasil produksi air kemasan tesebut dengan dua katagori sebagai pemula yakni 330 ml dan 600 ml, terhitung sejak Jumat, 4 Pebruari 2022.

Pada saat launching perdana pemasaran produk air mineral yang seyogianya baru di ruang lingkup wilayah kabupaten ini dihadiri langsung Bupati Lingga, Muhammad Nizar, dan Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nashiruddin, Forkopimda serta camat/lurah dan tokoh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah hari ini, Jum’at, 04 Pebruari 2022 kita sudah mulai memasarkan 500 dus produk air kemasan BUMD Lingga. Secara resmi diluncurkan dengan perdana pemasaran dua kemasan yang akan didistribusikan di dua terdekat yakni, Kecamatan Lingga Utara, dan Daik Kecamatan Lingga, yang nantinya akan dilanjutkan menawarkan ke setiap toko-toko di wilayah serta agen-agen yang ada di wilayah kabupaten lingga khususnya,”katanya.

Dan langkah awal ini, dipasarkan kepada distributor di Kabupaten Lingga, yang insyaallah kedepannya akan dipasarkan ke Tanjungpinang, Bintan, Batam dan Jambi, dengan memiliki kualitas air cukup tinggi untuk konsumen.

“Air mineral hasil pruduksi Kabupaten Lingga sudah benar-benar teruji baik kualitas maupun kuantitas, yang mana berdasarkan dari hasil laboratorium SNI, air Gunung Daik memiliki kualitas air nomor satu. Karena airnya asli dari gunung, bukan bersumber dari dalam tanah atau sulingan air lainnya dengan target pencapaian pemasaran ke para distributor baik di Lingga maupun daerah lain di Kepri maupun di provinsi lainnya di Indonesia,”ucap Bupati Lingga mengakhiri.

 

(Abdullah)