Beranda Parawisata Pemkab Samosir Gelar Kejuaraan Solu Bolon, Ini Harapan Bupati

Pemkab Samosir Gelar Kejuaraan Solu Bolon, Ini Harapan Bupati

46
0
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon saat memberikan kata sambutan.

Samosir, buktipers.com – Mendukung program Pemerintah Pusat untuk memajukan kawasan Danau Toba serta mendatangkan para wisatawan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir mengadakan perlombaan solu bolon/dragon boat sport, yang diikuti dari berbagai daerah.

Kejuaraan solu bolon ini, merupakan rangkaian Horas Samosir Fiesta 2019, yang diikuti 21 tim, di Pantai Putri Lopian Pangururan, mulai tanggal 7 – 9 Nopember 2019.

Bupati Samosir, bersama Wabup Samosir, melepas start perdana dari Dermaga Onan Lama dengan finis di Pantai Putri Lopian, Sabtu (9/11/2019).

21 tim yang ikut dalam pertandingan, 7  diantaranya berasal dari luar Kabupaten Samosir, yaitu tim dayung Yonif 8 Marinir Brandan, SMA N I Uluan Tobasa 2, Podsi Kabupaten Simeuleu Aceh, Baktimas Humbahas, Podsi Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Tim Solu Bolon Tobasa 2, dan Yonmarhanlan I Belawan. Sedangkan 14 tim lokal Samosir, diantaranya, Lobster Dragon Palipi, CNN Sport Palipi, Tio Tio Ekspres Kecamatan Sitiotio, Tim Dayung Junior Samosir, SMAN I Palipi, Marlumba, Tim Solubolon Ambarita, Porhut Lottung Simanindo, Martoba Solubolon Club, Lugahon, Pandulangan Sianjur Mula-mula, Popsir II, Partai Lumbansuhi Toruan, dan Ogung Star.

Baca Juga!  Halaman Masjid Al Anwar Malintang Julu Dibanjiri Ummad Muslim    

Bupati Samosir menyampaikan, bahwa solu bolon merupakan budaya orang Batak dan harus terus dilestarikan.

Diharapkan kejuaraan yang saat ini berskala Nasional dapat meningkat ke skala Internasional. Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyampaikan, bahwa tahun depan, kejuaraan ini akan semakin meriah, dengan menambah kategori lomba.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir mengajak masyarakat untuk mendukung pembangunan dan jangan mendiskreditkan atau menjelekkan Samosir. Tetap menjaga nama baik Samosir. Dengan demikian Samosir akan menjadi Bali ke-2 Tahun 2024, ungkap Bupati.

(Stg)

Loading...