Pemkab Sergai Gelar Pelatihan dan Pembinaan Dasawiswa PKK

0
2
Foto bersama disela kegiatan.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Sebagai upaya dalam memberikan pembekalan, pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan peran kader kelompok dalam menyikapi perkembangan informasi dan teknologi, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan pelatihan dan pembinaan Kader Dasawisma PKK, di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Jumat (3/12/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya melalui Sekdakab, H. M. Faisal Hasrimy, AP. M.AP menyampaikan, bahwa kehadiran kelompok Dasawisma diharapkan dapat membantu menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga masyarakat yang divaksin mencapai 70% dan akan meningkatkan herd immunity.

Kader Dasawisma merupakan kekuatan dan garda terdepan Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat, karena ibu-ibu merupakan orang-orang terdepan dalam mengayomi masyarakat di desa dan lingkungan masing-masing, katanya.

“Saya sangat mengharapkan kerjasama para Kader Dasawisma yang ada di seluruh desa se-Kabupaten Sergai untuk mengajak masyarakat agar melaksanakan vaksinasi. Karena dengan vaksinasi akan meningkatkan kekebalan komunal,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan ini, para Kader Dasawisma dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kinerja masing-masing di desa serta mendukung visi dan misi Kabupaten Sergai yang Maju Terus.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan, jika ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mampu mencapai visi misi kabupaten.

Lebih lanjut disampaikannya, kesejahteraan suatu bangsa dimulai dari kesehatan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan yang utama.

Oleh karenanya, kita semua yang tergabung dalam organisasi PKK harus mampu meningkatkan peran di tengah masyarakat baik sebagai motivator maupun komunikator kepada masyarakat.

Hj Rosmaida mengutarakan, jika tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu tugas pokok TP PKK Desa dan Kelurahan sebagai kelompok terkecil dari PKK yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Selain itu, katanya lagi, PKK merupakan ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan.

Dengan demikian, kelompok Dasawisma merupakan motor penggerak pelaksanaan 10 program pokok PKK untuk mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera lahir dan batin.

Ketua TP PKK Sergai menambahkan, jika kita melihat di lapangan, masih ada yang menunjukkan adanya kelompok Dasawisma yang belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Diharapkan kader-kader Dasawisma akan semakin mudah berkordinasi dalam suatu jaringan sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat, cepat dan akurat dalam menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan serta menurunkan data sebagai informasi dari tingkat bawah hingga ke tingkat pusat,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DWP Sergai, Ny Uke Retno Faisal Hasrimy dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan agar Kader Dasawisma mampu menata kelembagaan kelompok Dasawisma, kemudian terbinanya Kader Dasawisma dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Terakhir agar kader mampu dalam pengelolaan data kegiatan administrasi kelompok Dasawisma.

Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari, bertempat di Aula Sultan Serdang dan Aula Dinas Pendidikan dengan peserta sebanyak 243 orang, tutupnya.

Hadir juga dalam kegiatan, Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, OPD terkait, Narasumber Penggerak PKK Sumut, serta para Kader Dasawisma se-Kabupaten Sergai.

 

(ML.hrp)