Pemkab Sergai Gelar Pembekalan Bagi Kepsek dan Guru SD/SMP

0
1
Foto bersama disela - sela kegiatan.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Sambut Assesmen Nasional Tahun 2021, Pemkab Sergai gelar pembekalan bagi Kepala Sekolah (Kepsek) dan Guru SD/SMP, Jumat (30/7/2021), di sekolah SMP Negeri 1 Kecamatan Pantai Cermin

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya, Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si, Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, S.Pd, M.M, para Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan, Koordinator Pengawas se-Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan, jika Pemerintah melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) telah merancang suatu pola untuk menyikapi perubahan global dalam evaluasi sistem pendidikan yaitu dengan melaksanakan asesmen nasional. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dikbudristek Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2021 tentang asesmen nasional.

Asesmen Nasional di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat yang diikuti oleh 13 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), program kesetaraan 460 SD negeri /swasta dan 90 SMP negeri/swasta. Kegiatan ini juga melibatkan seluruh Kepsek SD dan SMP negeri/swasta, Guru SD dan SMP negeri/swasta, murid kelas V SD negeri/swasta, murid kelas VIII SMP negeri/swasta sebagai peserta asesmen nasional.

Dengan materi yang diujikan dalam asesmen nasional, lanjut Bupati, untuk murid kelas V SD dan kelas VIII SMP, diantaranya, asesmen kompetensi minimum. “ Ini merupakan hasil belajar kognitif yang mengukur kompetensi literasi membaca dan numerasi (menghitung) yang harus dimiliki oleh murid,”katanya.

Dilakukan survei karakter yang merupakan hasil belajar non kognitif yang merupakan pengukuran karakter murid serta mencerminkan nilai-nilai Pancasila sehingga tercipta profil pelajar Pancasila.

Beberapa profil pelajar Pancasila yaitu;  beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.

Selanjutnya survei lingkungan belajar yang merupakan pengukuran aspek-aspek kualitas lingkungan sekolah yang berdampak pada proses dan hasil belajar murid yang mencakup; iklim keamanan iklim, inklusivitas dan kebhinekaan sekaligus proses pembelajaran di satuan pendidikan. Sedangkan materi yang diujikan untuk Kepsek dan guru yaitu survei lingkungan belajar.

Bupati menambahkan, bahwa hal ini menjadi tugas kita bersama dalam menyukseskan asesmen nasional, sehingga mutu rapor kita bisa lebih meningkat lagi. Oleh karena itu melalui kegiatan pembekalan ini, kami tegaskan bahwa langkah awal kita untuk dapat menyukseskan pelaksanaan asesmen nasional sehingga mutu rapor kita kedepannya bisa lebih baik lagi.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada Kepsek dan guru yang mengikuti kegiatan ini agar benar-benar serius sehingga dapat mentransfer ilmu-ilmu yang didapat dalam pembekalan ini kepada guru-guru di sekolah dan mengajarkannya kepada murid-muridnya.

 

(ML.hrp)