Pemkab Sergai Ikuti Upacara Hardiknas dan Serahkan Beasiswa

0
1
Bupati Sergai menyerahkan secara simbolis beasiswa pendidikan kepada para pelajar.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, Minggu (2/5/2021), diperingati Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan mengikuti upacara secara virtual, di Aula Sultan Serdang, kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, dan berpusat di Halaman Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta.

Dalam keterangannya, Bupati Sergai, Darma Wijaya didampingi Wabup, Adlin Umar Yusri Tambunan menyampaikan, jika dalam momen ini, Mendikbudristek, Nadiem Makarim, menggarisbawahi beberapa tema penting terkait perkembangan pendidikan di Indonesia.

“Pak Nadiem mengatakan, ada empat upaya yang tengah dilakukan untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia yaitu yang perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen,” kata Darma Wijaya.

Bupati menyatakan kesutujuan terhadap pendapat Nadiem yang menyebut pandemi Covid-19 yang menghantam dunia pendidikan Indonesia, harus direspons oleh semua insan pendidikan dengan optimisme sebab akan ada hal bermakna yang didapat dari sebuah krisis.

“Saya sepakat dengan Pak Menteri bahwa krisis adalah kesempatan kita menuai kemajuan, saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap. Semoga adaptasi dunia pendidikan terhadap situasi yang tengah berkembang dapat dilakukan perlahan-perlahan dan tepat sasaran,” harap Bupati.

Seusai melaksanakan upacara, Bupati kemudian menyerahkan secara simbolis beasiswa pendidikan kepada para pelajar yang menjadi ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan. Penyerahanan simbolis ini diberikan kepada 5 pelajar dari jenjang yang berbeda mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

“Nilai nominal yang diserahkan yaitu untuk tingkat TK/SD Rp1,5 juta per tahun, SMP Rp2 juta/tahun, SMA Rp3 juta/tahun dan perguruan tinggi Rp12 juta/tahun. Beasiswa ini diberikan maksimal selama 5 tahun. Ini program yang sangat baik dan bermanfaat,” sebut Darma Wijaya.

Adapun penerima manfaat beasiswa pendidikan, yakni Fathan Al Buchori siswa SD Muhammadiyah Desa Pon, anak dari alm Sahrul (perangkat desa) dan ibu Leni Marlina. Yuspa Rizkina Lubis, siswa MTSN 2 Deli Serdang anak dari alm Parluhutan (Pemilik CV Arif Karya Sejati) dan Yusraini Ammer. Insri Utami siswa SMAN 1 Sei Rampah, anak dari alm Misnan (PT Maju Bersama) dan Nuraini.  Kemudian Zulkifli siswa Madrasah Al-Washliyah 21 Firdaus, anak dari Idris (UD Hadi Kim) dan Masniah.

Terakhir, Anggia Jelita Marito Lubis, mahasiswa USU anak dari alm Parluhutan Lubis (Pemilik CV Arif Karya Sejati) dan Yusraini Ammer.

 

(ML.hrp)