Pemkab Simalungun Rangkai Tepung Tawari Jamaah Haji Dan Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H

0
867
Bupati Simalungun tepung tawari jamaah haji simalungun

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan acara tepung tawar kepada jamaah haji yang baru kembali pada 12 September 2017 lalu dari melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah pada musim haji tahun 2017.

Pelaksanaan tepung tawar kepada para jamaah haji tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM bersama unsur FKPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta disaksikan oleh masyarakat di lapangan umum Dolok Ulu Nagori Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Sabtu (30/09/2017).

Acara terpung tawar tersebut dirangkaikan dengan peringatan tahun baru Islam 1439 Hijriyah yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dibawakan oleh Rindu Bunga Kasih Sinaga dan dihadiri oleh ribuan jamaah.
Terlihat juga hadir Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi bersama istri, yang pada tahun 2017 ini turut serta melaksanakan ibadah haji. Selain itu para jajaran Pemkab Simalungun juga tak ketinggalan hadir dalam kegiatan keagamaan itu.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga terhadap peningkatan jumlah jamaah haji di Kabupaten Simalungun yang terus memperlihatkan grafik peningkatan.

“Saya sudah dua periode memimpin daerah ini, sejak tahun 2010 hingga 2017 Pemerintahan Kabupaten Simalungun telah memberangkatkan 890 orang. Artinya setiap tahun menunjukkan grafik peningkatan dan menunjukkan antusias antusias masyarakat untuk menunaikan ibadah haji,” kata Bupati.

Menurut Bupati, dalam keberangkatan maupun kepulangan para jamaah haji Pemkab Simalungun selalu memberikan dukungan setiap tahunnya. “Dengan adanya peningkatan jamaah haji ini berarti memberikan warna untuk Kabupaten Simalungun yang dirasakan oleh semua orang melalui do’a bukan melalui kekuatan yang kita miliki,” tambahnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi meminta kepada masyarakat melalui peringatan tahun baru Islam 1439 H agar menjadikan Kabupaten Simalungun untuk selalu menjadi kondusif. Disamping itu dengan kegiatan ini, ada semangata baru untuk bersama-sama membangun Kabupaten Simalungun yang lebih baik. “Meskipun banyak gesekan, namun kita harus tetap menjaga situasi yang kondusif di daerah kita dan melalui kegiatan ini ada Semangat Baru hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat untuk membangun Kabupaten Simalungun menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi urusan Haji Kabupaten Simalungun H Amrisam SAg melaporkan bahwa seluruh jamaah haji dari Kabupaten Simalungun pada saat diberangkatkan berjumlah 131 orang dan saat tiba di tanah air dengan jumlah yang sama serta dalam kondisi sehat dan selamat tanpa kekurangan suatu apapun. “Saat berangkat menunaikan ibadah haji, jamaah haji Kabupaten Simalungun berada di kloter enam, semua jamaah haji dari berangkat hingga pulang dengan selamat sejumlah 131 orang,”uajrnya.

Amrisam menambahkan, seandainya ada yang mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji terhitung pada senin (02/10) maka masa tunggu selama 13 tahun, dan hingga saat daftar tunggu untuk keberangkatan haji di Kabupaten Simalungun sebanyak 2009 orang. “Kita mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Simalungun yang memberikan support buat jamaah haji,” tukasnya.

Di acara keagamaan itu, Bupati Simalungun didamping Wakil Bupati memberikan bantuan tikar kepada sejumlah ibu-ibu pengajian se Nagori Tapian Dolok. (01/Red)