Pemkab Tapteng Salurkan Zakat di 3 Kecamatan

0
133
Pembagian zakat oleh Sekdakab Tapteng, Hendri Susanto Lumbantobing di kecamatan Lumut, Sukabangun dan Sibabagun, Sabtu (25/5/2019). (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Usai melangsungkan lawatannya, di sejumlah kecamatan yang ada di Tapteng, kini  Bupati, Bahktiar Ahmad Sibarani, didampingi Ketua TP PKK, Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani dan sejumlah Pimpinan OPD, dan Tim  Badan Zakat Nasional (Baznas), menyerahkan zakat  kaum dhuafa kepada 3100 orang se Tapteng, dengan besaran Rp600 ribu, ditambah bantuan sirup.

Saat ini di kecamatan Lumut, Sukabangun dan Sibabagun, langsung dibagikan oleh Sekdakab Tapteng, Hendri Susanto Lumbantobing, Sabtu (25/5/2019).

Dan khusus di kecamatan Pinangsori, Badan  Zakat ini juga memberikan uang tunai, masing – masing sebesar Rp2.000.000 kepada 3 orang mua’laf, agar lebih giat lagi untuk belajar Islam.

Zakat ini, merupakan zakat profesi dari para ASN di ruang lingkup Pemkab Tapteng, distribusi zakat untuk tahun 2018-2019. Adapaun rincian kaum dhuafa yang menerima zakat, yakni 169 dari Sibabangun dan 50 dari kecamatan Sukabangun.

Dikatakannya, bahwa zakat yang dibagikan berasal dari PNS di Pemkab Tapteng yang dihimpun dari pemotongan gaji sebesar 2,5 persen setiap bulannya.

Ia berharap, semoga zakat yang disalurkan dapat bermanfaat bagi yang menerimanya dan tidak dipakai untuk hal-hal tidak penting.

Diharapkan kedepannya, jumlah zakat yang disalurkan akan lebih besar, sehingga bisa membantu memberdayakan masyarakat Tapteng, agar bisa keluar dari masalah kemiskinan.

“Inya Allah pada tahun-tahun berikutnya, nominal zakat akan lebih besar lagi,”ujar Sekdakab Tapteng.

Dia menambahkan, zakat profesi diberikan merata kepada kaum dhuafa di seluruh kecamatan yang ada di Tapteng dengan nominal Rp 600 ribu per orang.

Hal ini menjadi hak yang harus dibagikan secara adil pada orang yang tepat sesuai ketentuan syariat Islam, yakni orang-orang yang tidak mampu.

(Job Purba)