Pemprov Sumut Usulkan Nama Pj Wali Kota Tebingtinggi dan Bupati Tapanuli Tengah Hingga 2024

0
5
Wali Kota Tebingtinggi - Umar Zunaidi Hasibuan /TRIBUN MEDAN - FB PROKOPIM TEBINGTINGGI. HO
Dijual Rumah

Tebingtinggi, buktipers.com – Dua kepala daerah di Sumatera Utara akan mengakhiri masa jabatannya pada Senin (22/5/2022) mendatang.

Keduanya adalah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zubaidi Hasibuan – Oki Doni Siregar.

Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani – Darwin Sitompul.

Mengacu UU Nomor 10 Tahun 2016 yang mengamanatkan pemungutan suara serentak nasional pada tahun 2024, maka Kota Tebingtinggi bakal dipimpin kepala daerah dengan status Pelaksana tugas (Plt) ataupun Penjabat (Pj) hingga dua tahun lebih.

Berkaitan dengan kondisi ini, Kepala Biro Otonomi Daerah, Zubaidi, menyampaikan pihaknya sudah mengusulkan nama-nama pejabat yang akan memimpin Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Sudah kita usulkan penjabat (Pj) di kedua kabupaten/kota tersebut. Dan kita menunggu ketetapan dari Direktorant Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah – Kementerian Dalam Negeri,” kata Zubaidi, Jumat (29/4/2022).

Zubaidi menyampaikan, Pemprov Sumut mengusulkan pejabat yang akan mengisi dua daerah tersebut adalah pegawai yang saat ini menduduki jabatan Eselon II sesuai dengan keputusan menteri.

“Pj Dari Pemprov yang menduduki Eselon II sesuai dengan Kepmen-nya. Pemprov sudah mengusulkan nama-nama yang akan menduduki jabatan Pj (kedua daerah tersebut),” jelas Zubaidi.

Adapun pejabat usulan yang disampaikan Pemprov Sumut tersebut berjumlah 3 nama. Mereka akan diseleksi oleh Dirjen Otda untuk kemudian memimpin Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Seleksinya di Dirjen Otda. Kita hanya mengusulkan nama-nama, dan setiap usulan ada 3 nama yang kita kirim,” tutup mantan Pj Sekretaris Daerah Kota Siantar ini.

Sebelumnya, Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi juga menyampaikan status penjabat kepala daerah yang akan memimpin Kota Tebingtinggi adalah urusan Menteri Dalam Negeri.

“Akan ada Pj Kepala Daerah (KDh) yang diangkat Menteri Dalam Negeri. Itu sudah kewenangan Kemendagri,” singkat Dimiyathi.

Diketahui pula, kedua daerah ini menggelar Pilkada pada 15 Februari 2017. Kedua pasangan kepala daerah pemenang Pilkada tersebut dilantik pada hari yang sama, Senin (22/5/2017) oleh Gubernur Tengku Erry Nuradi di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumatera Utara setelah memenangkan Pilkada 15 Februari 2017.

Terkhusus Umar Zunaidi Hasibuan, dirinya telah 2 periode menjabat kepala daerah, Wali Kota Tebingtinggi.

 

Sumber : tribunnews.com