Pencemaran Lingkungan PT. Toba Surimi Resahkan Warga

0
572
IMG-20171221-WA0073

Buktipers – Tapteng (Sunut)

Warga Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Kabupaten Tapanuli Tengah, sebutkan pihak PT. Toba Surimi tidak menyenangkan sikapnya kepada masyarakat dalam pengoperasian di gedung mereka, sebab saat pada beroperasi pihak PT. Toba Surimi sudah mencemarkan lingkungan lewat udara, dampaknya kepada masyarakat sekitar membuat pakaian warga disekitar menjadi bau dan bintik – bintik hitam pada baju warga disekitar.

Pasalnya PT. Toba Surimi selain telah membuat pencemaran pada lingkungan sekitar juga telah membuat pembohongan public kepada masyarakat sekitar, yang dikatakan Humas PT. Toba Surimi (Jingga red) bahwa dirinya sering memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar, warga membantah hal tersebut apa yang telah dikatakan (Jingga Humas PT. Toba Surimi red) dia pembohong dan penipu, mana ada dia berikan bantuan itu kepada masyarakat sekitar malah membuat rugi kami sebagai warga disini beber warga sekitar.

Abdi Hutagalung sebagai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah menyampaikan, bahwa keberadaan pihak PT. Toba Surimi mengganggu kenyamanan masyarakat, selain mengeluarkan aroma tidak sedap ditambah lagi limbah udara dan kotorannya mengenai pakaian masyarakat sekitar ujar Abdi.

Selanjutnya awak media menanyakan dengan Abdi Hutagalung sebagai LPM dikampung tersebut, sudah beberapa kali surat yang dilayangkan, (Abdi red) surat sudah kami layangkan kepada pihak Kecamatan Sarudik, Kelurahan Pondok Batu dan tembusan ke Kantor Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah. Selain itu surat memang sudah dibalas bupati Kabupaten Tapanuli Tengah bahwa pihak PT. Toba Surimi sudah memadai Jelas Abdi.

Disamping itu dikatakan Abdi Hutagalung lagi, kami waktu lalu sudah pernah membuat surat kesepakatan kapada pihak PT. Toba Surimi agar pihak mereka bisa berperan aktif kepada masyarakat sekitar, baik itu pemberian bantuan kepada warga yang kemalangan,pesta, akan tetapi pihak PT. Toba Surimi tidak pernah melaksanakan hal itu.

“Bau busuk dijalan saya juga sudah sempat membekabnya itu, dengan menyiram jalan itu biar jangan bau busuk, akan tetapi upah menyiram air juga belum pernah dibayarkan, pihak PT. Toba Surimi disini secara tidak langsung telah membohongi warga sekitar” Koar Abdi Hutagalung

Sambungnya, sementara dalam kesepakatan awalnya adalah, pihak PT. Toba Surimi akan memberikan kompensasi kepada warga disetiap ada kegiatan, ternyata hingga sampai sekarang pihak PT. Toba Surimi hanya pembohongan publik.

“Memang si Jingga itu Humas PT. Toba Surimi pandai bersilat lidah dia itu, dibilangnya ada bantuan di gereja dan di masjid, ternyata tidak ada, manis kali mulutnya itu kalau berbicara” Pungkas Abdi Hutagalung.(Joe Purba)