Pendaftaran Calon Sekda Deliserdang Ditutup, Ada Tujuh Pejabat Mendaftar, Ini Nama-namanya

0
11
Susana di depan Kantor BKPSDM Kabupaten Deliserdang di lingkungan perkantoran Bupati Deliserdang Rabu, (5/10/2022). Tribun Medan/Indra Gunawan
Dijual Rumah

Deliserdang, buktipers.com – Sebanyak tujuh orang pejabat di lingkungan Pemkab Deliserdang bertarung untuk memperebutkan kursi Sekretaris Daerah (Sekda).

Tujuh orang itu telah mendaftar ke Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Deliserdang.

Pendaftaran lelang jabatan Sekda yang dibuka oleh Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan ini resmi ditutup Rabu, (5/10/2022) pukul 16.00 WIB.

Dari data yang dihimpun dari pihak Sekretariat Pansel, tujuh orang pejabat itu yakni Citra Efendy Capah (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat), Dedi Maswardi (Asisten Administrasi Umum), Timur Tumanggor (Kepala Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda), Hendra Wijaya (Sekretaris DPRD Deliserdang), Zaki Aufa Kadis (Perindustrian dan Perdagangan), Yudi Hilmawan (Kadis Pendidikan) dan Edwin Nasution (Kepala Inspektorat atau Inspektur).

Dari ketujuh pendaftar ini 5 di antaranya merupakan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Hanya Yudi Hilmawan dan Edwin Nasution yang merupakan alumni Universitas Sumatera Utara (USU).

Informasi yang dikumpulkan Citra Efendy Capah adalah orang pertama yang mendaftar.

Sementara orang yang terakhir adalah Edwin Nasution. Ia datang di menit-menit akhir pendaftaran dan datang dengan didampingi oleh beberapa orang anggotanya.

“Ia sudah daftar tadi. Ya karena persyaratan sudah cukup (alasan daftar) . Menurut saya ini bisa dibilang pesta demokrasi bagi ASN,” kata Edwin Nasution.

Nama Edwin termasuk nama yang selama ini disebut-sebut sebagai calon kuat. Sebelum menjabat Inspektur ia juga pernah menduduki kursi Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan.

Mantan Kabag Hukum Pemkab Deliserdang ini juga sempat mendapatkan sertifikasi dari BPKP sehingga mendapatkan gelar Certified Of Govermnent Chief Audit Ekcexutif (CGCAE).

Pihak Sekretariat Pansel, Kamaluddin mengakui kalau pendaftar calon Sekda Deliserdang hanya ada 7 orang.

Disebut tidak ada pejabat luar yang mendaftarkan diri. Padahal, disebut informasi pendaftaran lelang ini telah disampaikan ke Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

“Ia total 7 orang. Pak Edwin terakhir mendaftar. Ya selanjutnya ini kita lakukan penyeleksian atau pemeriksaan berkas. Sudah ditutup tadi pukul 16.00,” kata Kamaluddin.

Karena masuk kategori pejabat eselon II.a, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk jabatan Sekda di Deliserdang sebesar Rp 35 juta perbulan.

Lelang jabatan Sekda Deliserdang ini dibuka Bupati Ashari, karena Sekda saat ini Darwin Zein akan purnabakti pada akhir bulan mendatang. Artinya pada 1 November ia tidak lagi menjabat sebagai Sekda.

 

Sumber : tribunnews.com