Pendaftaran Sekdes Karang Sari Di Duga Tidak Transparan

0
53
Loading...

Buktipers.com – Cilacap (Jateng)

Terkait pendaftaran Calon formasi Jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Karangsari Kecamatan Adipala yang di duga tidak transparan, Menurut sumber yang tidak dapat di sebutkan namanya dalam rangka pelaksanaan penjaringan bakal calon Sekdes di Desa Karangsari tidak transparan yakni dengan membatasi waktu yang seharusnya memberikan ruang penuh peluang waktu bagi para peserta yang mempunyai hak untuk mendaftarkan diri guna berkompetisi memperebutkan Jabatan Kursi Sekretaris Desa.

Masih menurut sumber bahwa pendaftaran yang hanya memakan waktu 3 hari dari pembukaan sampai penutupan di nilai kurang berpihak untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya peserta pendaftar. Dari pembukaan Tgl 30/7/2018 dan di tutup 01/8/2018 Pkl 13.00 Wib, penutupan pendaftaran Pkl 13.00 Wib dimana situasi masih jam hari kerja menurut sumber sudah tidak transparan.

Baca Juga!  Tidak Bayar Upah Kerja, Pembangunan Rusun Terancam Gagal

Dalam mensosialisasikan juga di nilai kurang terbuka, bersifat tertutup yakni dengan cara mengirim surat undangan ke Calon peserta tertentu tidak di buka secara umum misalkan bentuk tertulis yakni berupa Woro-woro sebagai bentuk pengumuman untuk di pasang di warung-warung, Gardu atau pun Togor Listrik dan lainnya.

Menanggapi hal tersebut dengan adanya sumber sebagai bentuk klarifikasi Rabu 8/8/2018 awak media menemui Panitia Pelaksanaan penjaringan dan penyaringan
Calon Sekdes, di Kantor Sekretariat di Desa Karangsari kecamatan Adipala – Cilacap.

Ketika di temui awak media, Nandar selaku Wakil Panitia Pelasaksanaan mengatakan bahwa dalam rangka mengadakan kegiatan terkait penjaringan
Bakal calon formasi jabatan Sekdes di Desa Karangsari, semua telah melalui proses di mana sesuai tahapan juklak dan juknisnya. Sosialisasi sebelum pelaksanaan telah dilakukan yakni dengan cara mengundang peserta, ke Balai Desa dan di hadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Lembaga Kemasyarakatan, segenap ketua Rt, Ketua Rw dan lainnya, Mengenai waktu pendaftaran hingga penutupan yang hanya 3 hari lebih lanjut Nandar menuturkan bahwa keputusan tersebut merupakan keputusan hasil kesepakatan bersama yang telah di ketahui serta di setujui oleh Panwas, karna 3 hari merupakan batas waktu minimal bukan maksimal yang di pakai sesuai Perda yakni 15 hari.

Baca Juga!  Sambut Pelaksanaan Pilgubsu, Polres Asahan Gelar Operasi Mantap Praja Toba 2018

Mengenai penutupan dimana situasi masih Jam kerja yakni Pkl 13.00 Wib, Nandar menyampaikan bahwa kedisiplinan yang ia pakai ketika kesepakatan sudah menjadi sebuah keputusan bersama apabila tidak di laksanakan maka yang terjadi adalah komplein dari pihak peserta yang sudah mendaftar.

Saat di temui di ruang kerjanya, Nasukin selaku Kepala Desa Karangsari menyampaikan bahwa proses pelaksanaan dalam rangka pengisian kekosongan perangkat Desa formasi Jabatan Sekretaris Desa, Desa Karangsari Kecamatan Adipala – Cilacap, telah melalui perencanaan yang matang semua tahapan melalui proses yang semuanya tidak mungkin di putuskan tanpa kesepakatan bersama baik dari pemerintah Desa itu sendiri maupun dari Masyarakat. Dalam hal ini semua berjalan secara transparan dan akuntabel.

Baca Juga!  KPK Tangkap Tangan Gubernur Aceh Dan Bupati Bener Meriah

Harapan Nasukin selaku Kepala Desa, situasi masyarakat Desa Karangsari yang terkait dengan pelaksanaan Ujian Calon Jabatan Sekdes, sudah menata, Adem, Ayem, jangan sampai terjadi gejolak, selalu ciptakan suasana Aman, Damai dan kondusif, agar Sinergi ciptakan selalu iklim sejuk. Perlu “kami tegaskan dan sangat kami sayangkan ketika situasi yang sudah kondusif seperti ini akan terpecah oleh Isu sumber yang tidak pasti pungkasnya. (Edy S).

Loading...