Pendapatan Menurun selama Pandemi, Perajin Ulos di Dairi Berupaya Bertahan

0
1
Seorang perajin ulos asal Kabupate Dairi, Sumatera Utara. (Foto: iNews/Irwansyah Sitepu)
Dijual Rumah

Dairi, buktipers.com – Pandemi covid yang melanda sampai saat ini berdampak terhadap para perajin kain tenun Ulos khas Sumatera Utara (Sumut). Mereka tetap bertahan kendati pendapatan menurun karena semakin merosotnya penjualan.

Seperti pengakuan Rosianna Sagala, perajin kain tenun ulos asal Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Dia mengungkapkan jika terjadi penurunan pendapatan hingga 50 persen selama pandemi covid.

“Pekerjaan ini sudah saya tekuni puluhan tahun. Baru sekarang kondisinya sepi pembeli. Satu lembar kain tenun ulos saya kerjakan tiga hari, upahnya Rp60.000 per lembar,” ujar Rosianna Sagala, salah satu perajin ulos, Senin (12/10/2020).

Kondisi serupa juga dirasakan Desiani Sijabat, pemilik toko penjual kain tenun Ulos. Menurutnya, penjualan ulos merosot tajam karena segala bentuk kegiatan seperti resepsi pernikahan dan pesta adat tak diperbolehkan. Dampaknya terimbas ke pesanan kain tenun ulos.

“Sejak adanya pandemi Covid pembelinya turun drastis karena memang tidak ada kegiatan pesta adat dan resepsi pernikahan,” katanya.

Diketahui, Kabupaten Dairi saat ini masih masuk dalam zona merah penularan covid. Kondisi ini berdampak besar terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

“Kami warga hanya berharap agar pandemi covid ini segera berakhir,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id