Pengusulan Pindah Memilih Diperpanjang, Ini Penjelasan Ketua KPU Tapteng

0
157
Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Bawaslu dan KPU Tapteng, pada Selasa (2/4/2019), lalu, di Hotel PIA Pandan. (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Layanan pindah memilih atau pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS), kembali dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemilih yang ingin berpindah TPS akan dilayani hingga 7 hari, sebelum hari pemungutan suara atau 10 April 2019.

Langkah ini, menyusul dikabulkannya uji materi (MK) terhadap Pasal 210 ayat (1) Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, terkait pemilih yang ingin berpindah TPS.

Timbul Panggabean, Ketua KPU Tapteng, mengatakan, prosedur pindah memilih dapat ditempuh pemilih dengan kondisi tertentu.

Misalnya, mereka yang sakit, berada di lapas, dan sedang dalam tugas. Dan ini akan menjadi tugas serta wacana KPU Tapteng, serta akan disosialisasikan pada warga Tapteng, lewat PPK dan PPS, di wilayah masing – masing.

“Kita akan segera mengintruksikan pada PPK dan PPS di wilayah masing – masing untuk segera disosialisasikan pada masyarakat pengguna hak pilih, “ujar Timbul saat dimintai keterangannya, di Hotel PIA Pandan, usai acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Bawaslu dan KPU Tapteng, pada Selasa (2/4/2019), lalu.

Dia juga menjelaskan,  pemilih yang tak bisa diberi layanan pindah memilih adalah mereka yang ingin pindah TPS, dengan alasan sedang berjalan-jalan di luar daerah asal ketika hari pemungutan suara.

Pemilih yang ingin pindah memilih dapat mengurus proses administrasinya, di kantor KPU Kabupaten/Kota atau KPU atau kantor Kelurahan/Desa.

Pemilih dapat mengurus administrasi pindah memilih di KPU Kabupaten/Kota domisili atau tujuan.

Pemilih, selanjutnya akan diminta untuk menduplikasi (fotokopi) formulir A5 yang dicatatkan petugas dan menyerahkannya ke kantor kelurahan terdekat, di domisili tujuan. Petugas kemudian akan memetakan pemilih ke TPS terdekat.

Ketua KPU Tapteng ini, juga menghimbau masyarakat agar tidak golput. Dan relwanan – relawan KPU akan ikut berpartisipasi mengajak masyarakat untuk datang ke TPS, mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

“Kita tetap menghimbau agar masyarakat Tapteng ikut serta menggunakan hak pilihnya di TPS masing – masing,”tutupnya.

(Job Purba)