Penjelasan Menlu Retno Marsudi soal Tujuh WNA Turut Dievakuasi Bersama WNI dari Afghanistan

0
1
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021). (Foto: Kiswondari).
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Sebanyak 26 Warga Negara Indonesia (WNI) tiba dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Mereka dievakuasi dari Afghanistan menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737-400.

Selain WNI ada juga tujuh Warga Negara Asing (WNA) ikut dievakuasi oleh pemerintah Indonesia. Lima di antaranya warga Filipina.

“Selain WNI dalam misi evakuasi ini juga lima warga negara Filiphina yang pemerintahnya meminta bantuan untuk diangkut dalam misi evakuasi Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021).

Dia menuturkan, dua WNA lainnya yang ikut dievakuasi, yaitu asal  Afghanistan. Salah satu di antaranya, kata dia suami salah seorang WNI dan satunya lagi merupakan local staff yang bekerja di KBRI Kabul, Afghanistan.

Menurutnya, evakuasi terhadap WNA bukan kali pertama dilakukan karena merupakan bagian dari kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan pemerintah Indonesia.

“Bantuan membawa WNA dalam misi evakuasi bukan pertama dilakukan, ini merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id