Penyaluran Bantuan Tahap 3 PKH Di Kecamatan Harian Sudah Terlaksana

0
905
IMG_20170826_064558

BuktiPers.Com – Samosir (Sumut)

Pencairan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga sudah dicairkan pada 25 Agustus 2017 di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Kadis Sosial Samosir Kampu Manik melalui pendamping PKH Kecamatan Harian Peronika Sihombing, S.Ps mengatakan bahwa penyaluran bantuan PKH merupakan komitmen pemerintah pusat dan daerah dalam meminimalkan angka kemiskinan.

“Untuk itu kami minta kepada seluruh para pendamping dan operator PKH agar dapat membantu mensukseskan pelaksanaan program keluarga harapan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, bantuan PKH diharapkan menjadi pendukung keluarga penerima agar menyekolahkan anak-anaknya, minimal sampai tingkat SMA. Serta bagi yang ada ibu hamil, usia balita dan disabilitas agar mampu meningkatkan kesehatan keluarga dengan gizi seperti posyandu, mengunjungi fasilitas kesehatan puskesmas dan rumah sakit.

Kabid Sosial Jenni Purba, S.Pd memantau langsung proses pencairan bansos PKH secara non tunai di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Jenni Purba mengatakan bahwa PKH sangat signifikan baik dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. PKH mensyaratkan setiap KPM melaksanakan kewajiban KPM menyekolahkan anaknya, memelihara kesehatan dan meningkatkan produktivitas keluarga. Syarat tersebut harus dipenuhi untuk keberlangsungan penerimaan bansos PKH. Dan para masyrakat yang penerima Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantuan sosial secara non tunai mulai bulan Agustus 2017 ini dengan metode pencairan bansos non tunai menggunakan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah upaya mengajak masyarakat untuk berkenalan dengan perbankan, ujar Jenni Purba.

Pencairan bantuan sosial non tunai PKH di Kecamatan Harian, Jumat (25/8/2017) melalui PT Bank Mandiri cabang Pangururan yang langsung dihadiri Kepala KCP Bank Mandiri Samosir Wenry Tampubolon, Kordinator Kanwil PT Bank Mandiri Ronal Pasaribu, Kordinator Kabupaten PKH Danmenra Naibaho, Pendamping PKH Kecamatan Harian Peronika Sihombing, Sps.

Jumlah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) atau PKJ (Program Keluarga Harapan) di Kecamatan Harian dari 13 Desa, yakni: Desa Dolok Raja (18 KK), Desa Hariara Pohan (16 KK), Desa Hariara Pittu (13 KK), Desa Hutagalung (7 KK), Janji Martahan (6 KK), Desa P Naginjang (79 KK), Desa Sappur Toba (22 KK), Desa Siparmahan (65 KK), Desa Sosor Dolok (35 KK), Desa Turpuk Malau (5 KK) dan Desa Turpuk Sihotang.

Pantauan BuktiPers.Com saat penyaluran bantuan sosial Non Tunai itu, bahwa masyarakat sangat berbangga hati kepada pemerintah Pusat yang telah membantu masyarakat miskin, dan mereka juga berterima kasih kepada tim pendamping PKH Kecamatan Harian Ibu Peronika Sihombing yang telah membantu KPM PKH untuk memperoleh hak-haknya dan mengawasi kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi agar tujuan program pemerintah ini bisa berhasil, yaitu anak Indonesia sehat dan pintar agar lebih sukses di masa yang akan datang. (B.Pasaibu/Red)