Penyelundupan 8,3 Kg Sabu di Medan Digagalkan Polisi, Satu Tersangka Tewas Ditembak

0
8
Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin saat mengungkap peredaran 8,3 kg sabu jaringan Medan-Tanjungbalai, Senin (12/10/2020). (Foto: iNews/Stepanus Purba)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) mengagalkan penyelundupan sabu seberat 8,3 kg jaringan Medan-Tanjungbalai, di Jalan AH Nasution, Kota Medan. Dalam operasi ini, petugas mengamankan dua orang tersangka, satu di antaranya ditembak mati petugas.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan penangkapan ini berawal dari informasi yang diterima Polda Sumut, Kamis (8/10/2020). Informasi tersebut menyebutkan satu orang pria asal Tanjungbalai membawa sabut dan melintas di Jalan Sisingmangaraja Medan.

Dari penyelidikan petugas, diketahui pria tersebut membawa sabu dengan menggunakan mobil jenis Honda Accord dengan nomor polisi BK 1103 QJ. Petugas kemudian menghentikan kendaraan tersebut saat melintas di Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (9/10/2020).

“Saat kita hentikan di Jalan Sisingamangaraja dan dilakukan introgasi, ternyata narkoba yang dibawanya sudah berpindah tangan dan diserahkan kepada tersangka Masiwan alias Iwan,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan tersangka Aseng, petugas lalu mengejar tersangka Iwan yang mengendarai sepeda motor matic.

“Sesuai ciri-ciri, pria itu kita kejar sampai di Jalan AH Nasution,” ujar Martuani.

Namun setelah diminta berhenti, tersangka malah mencoba melarikan diri dan mengancam petugas menggunakan senjata api.

“Tersangka tak menghiraukan tembakan peringatan, bahkan mengeluarkan senjata api yang hasil identifikasi senjata api pabrikan Rusia,” ucapnya.

Melihat pelaku mengeluarkan senjata, petugas kemudian memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak tersangka hingga meninggal dunia.

Dari tangan tersangka Iwan, petugas mengamankan sabu seberat 7 kg. Sabu tersebut disimpan di dalam tas yang dibawa tersangka. Usai mengamankan Iwan, petugas kemudian melakukan pengembangan menuju rumah tersangka Aseng di Kota Tanjungbalai.

“Dari rumah tersangka Aseng, petugas mengamankan 1,3 kg sabu. Total barang bukti yang diamankan seberat 8,3 kg sabu,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id