Perahu Tua Temuan Warga Disurvey Tim Arkeolog Palembang dan BPCB Jambi  

0
1401
Dua perahu tua yang ditemukan warga di dua kecamatan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, disurvey tim arkeologi dan cagar budaya dari Palembang dan jambi.(foto/firman)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kayuagung (Sumsel)

Pihak Balai Arkeologi Palembang dan Balai Pelsetarian Cagar Budaya Jambi turun ke daerah tempat ditemukannya dua perahu lesung oleh warga di Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (26/10/2018).

Didampingi Dinas Pariwisata dan kebudayaan OKI, tim Balai Arkeologi Palembang dan Balai Pelestarian  Cagar Budaya Jambi lakukan peninjauan guna melihat perahu lesung di dua lokasi berbeda, yakni di Kelurahan Perigi Kecamatan Kota Kayuagung dan Tanjung Lubuk Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten OKI.

Budi sebagai Ketua Tim Penelitian dari Balai Arkeologi Palembang mengatakan, pihaknya  lakukan peninjauan ke lokasi melihat perahu tersebut didua tempat yang berbeda.

“Untuk perahu yang berlokasi di Tanjung Lubuk , kita  ambil ijuk pengikat perahu sebagai sample dan  di Kelurahan Perigi kita ambil sample  kayunya,karna kita lihat sudah mulai keropos. Sample  tersebut akan kita kirim ke Jakarta untuk diteliti dan kita bisa tahu berapa usia perahu tersebut”.

Ditambahkan,  melihat bentuk perahu seperti lesung tersebut ini merupakan perahu masyarakat untuk didaerah perairan dangkal,danau atau pesisir.

“Perahu tersebut mirip dengan daerah lain  seperti yang saat ini masih dipakai didaerah suku asmat”, jelas Budi seraya menambahkan dan untuk menjaga jangan sampai rusak/ atau retak akibat pengaruh suhu yang berbeda pihaknya meminta agar perahu tersebut dimasukan kembali kesungai.

Nila, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKI mengatakan, kedatangan tim ke lokasi ditemukannya perahu tua itu adalah masih tahap survey dan mengambil sample untuk bahan penelitian, agar nantinya ditindaklanjuti.(firman)

 

Editor : Maris