Peran Serta Masyarakat Dibutuhkan Beri Masukan

0
677
Picture 504

 

Buktipers.com, SIANTAR – Sekda Ir Reinward Simanjuntak, MM mewakili Plh Wali Kota membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017 2022 di Convention Hall Siantar Hotel, Selasa Pagi (13/6).

Dalam sambutannya, Sekda mengajak semua masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam memberi masukan dalam proses penyusunan RPJMD Masyarakat yang hadir ini adalah perwakilan kecamatan untuk itu harus turut dilibatkan, katanya.

Kepada Jajaran Pemerintah Sekda berharap untuk fokus pada kritik yang datang dari masyarakat hendaknya kita peka terhadap kritik yang ada, kritik itu semacam pendorong untuk kita semakin giat lagi melayani, jadi jangan anti kritik tegasnya.

Sekda menambahkan, dalam menyusun konsep RPJMD kita memang harus berpikir ideal, karena program itu kedepan yang akan menjadi acuan kita dalam membangun Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini 5 (lima) tahun kedepan katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengajak para Pimpinan SKPD untuk tetap memonitor pencapaian Kinerja yang sudah dilaksanakan, mengenai pencapaian yang akan kita raih tentunya mengacu pada indikator yang ada, itu menjadi bahan evaluasi kinerja kita katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak, SE berharap ada perubahan yang signifikan dalam pembangunan Kota ini 5 (lima) Tahun kedepannya kita sebagai lembaga DPRD ingin percepatan Pembangunan di Siantar ini katanya. Sebagai mitra sejajar kami ingin arah pelaksanaan Rencana Pembangunan harus tepat sasaran, masyarakat harus terlibat katanya menambahkan.

“Kami juga ingin Visi Misi Walikota untuk 5 tahun Kedepan dapat berjalan dengan baik pintanya lagi.
Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Siantar Drs. Midian Sianturi melaporkan maksud dan tujuan pelaksanaan Musrenbang adalah untuk menselaraskan Prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kota Pematangsiantar. kegiatan ini juga untuk menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan prioritas daerah ungkapnya.
Midian juga menambahkan tujuan Musrenbang juga untuk mempertajam indikator kinerja serta menjaring aspirasi atau harapan daripada pemangku kepentingan yang ada di Kota Pematangsiantar sehingga diperoleh masukan penting 5 (lima) tahun kedepannya.

Para peserta dalam Musrenbang RPJMD ini menghadirkan peserta dari Pemerintah Kota, DPRD, Muspida Plus, Pimpinan Perbankan,Instansi Vertikal, Pimpinan SKPD serta Perwakilan Masyarakat. Sementara itu kegiatan ini juga menampilkan Narasumber yakni, Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya Bappeda Provsu DR Ismael Sinaga, serta Akademisi dari Universitas Simalungun Robert Tua Siregar. (Maruli)