Peringati Hari Nusantara, DPD KNTI Sergai Gelar Parade Perahu Nelayan

0
14
Peringati Hari Nusantara, DPD KNTI Sergai gelar Parade Perahu Nelayan.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Peringati Hari Nusantara, 13 Desember 2021, DPD Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Serdang Bedagai, menggelar parade perahu nelayan yang berkonvoi dengan menyelusuri area sekitar muara Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama nelayan 4 kecamatan pesisir Serdang Bedagai.

Di samping itu, peringatan Hari Nusantara diteruskan dengan penyampaian orasi kenelayanan, di Dermaga Syahbandar Bagan Kuala oleh Zulham Hasibuan, selaku Ketua DPD KNTI Kabupaten Serdang Bedagai.

Penyampaian orasi kenelayanan, di Dermaga Syahbandar Bagan Kuala oleh Zulham Hasibuan, selaku Ketua DPD KNTI Kabupaten Serdang Bedagai.

Sebelumnya, dibuka kata sambutan oleh Asisten II Setdakab Serdang Bedagai dan dihadiri Forkompincam Tanjung Beringin, serta pihak Satpol Air Polres Serdang Bedagai.

Dalam orasinya, Ketua DPD KNTI Serdang Bedagai, Zulham Hasibuan menyampaikan tuntutan dan dorongan kepada Pemerintah Kabupaten Sergai untuk dapat membuat Peraturan daerah (Perda) inisiatif perlindungan nelayan tentang zonasi tangkapan nelayan tradisional dan hak-hak nelayan yang telah diusulkan sebelumnya berupa draft Ranperda kepada DPRD Serdang Bedagai oleh DPD KNTI Serdang Bedagai.

“Dalam pengajuan draft Ranperda yang diusulkan mendapat apresiasi dari pimpinan lembaga Rakyat DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, dr. Riski Ramadhan Hasibuan, bahwa usulan Ranperda pada lembaga dan telah tersampaikan melalui pandangan fraksi di rapat paripurna baru-baru ini yang dipimpinnya,” paparnya, kepada wartawan, Minggu (19/12/2021).

Foto bersama disela – sela kegiatan.

Kemudian, kata Zulham, KNTI juga berharap pihak Diskanla Serdang Bedagai untuk mempermudah nelayan pemegang kartu kusuka berasuransi dalam penerbitan surat rekomendasi guna mendapatkan akses pembelian BBM bersubsidi.

Terakhir pada paparannya, Zulham Hasibuan menutup dengan permohonan permintaan stimulus kartu kusuka berasuransi pada penganggaran tahun 2022.

Acara peringatan hari nusantara ini, juga dihadiri perwakilan 4 Kecamatan Pesisir Sergai, di antaranya nelayan Kecamatan Bandar Khalifah, Pantai Cermin, Teluk Mengkudu dan tuan rumah yakni Tanjung Beringin.

 

(ML.hrp)