Peringati HUT RI Ke 73, Lapas Klas II B Tanjungbalai Gelar Lombaan Dan Sayembara Serta Bakti Sosial

0
316
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanjungbalai (Sumut)

Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73 Tahun 2018 berbagai perlombaan, sayembara dan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Lembaga Permasyarakatan Klas II B Pulau Simardan Tanjungbalai bagi para Warga Binaan Permsyarakatan (WBP).

menurut Kalapas klas II B Tanjungbalai Jayanta AMd. IP. SH, kegiatan yang pertama dimulai dari bakti sosial kepada rumah Qur’an berupa rehab di Pulau Simardan dan rehab Gereja GKPS Tanjungbalai tanggal 5/8/2018 lalu, yang dilaksanakan oleh WBP dan dikawal oleh pegawai Lapas.

Gerak jalan santai oleh seluruh pegawai Lapas dan seluruh keluarga hari Sabtu 11/8/2018, perlombaan Catur, Futsall dan Bola Folly bagi seluruh WBP sudah selesai dilaksankan.

Yang paling utama tahun ini perayaan tujuhbelasan yaitu dimeriahkan dengan di adakannya sayembara Azan, hapalan ayat pendek dan Qultum atau Pidato. yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin, Selasa dan Rabu dimulai pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai.

Sayembara tersebut di ikuti ratusan orang peserta acaranya dimulai dari hari Senin Tanggal 13/8/2018 sayembara Azan yang diikuti 50 orang peserta, hari selasa sayembara hapalan ayat pendek yang diikuti 40 orang peserta dan sayembara Qultum atau Pidato yang diikuti 20 peserta acara ini dilaksaanakan di masjid At Taubah LP klas II B Tanjungbalai.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan sayembara ini adalah warga binaan hari ini mayoritas muslim, jadi disini saya buat sayembara Azan, ayat pendek dan Qultum. Maksud dan tujuannya dalam rangka hari Kemerdekaan ini bagaimana cara nya untuk mereka merdeka kepada diri nya sendiri, menyangkut pemakai Narkoba merdeka dari pemakai Narkoba. Maka berhenti dari Narkoba atau lepas dari kegiatan itu dalam hal ini mungkin agak unik dalam rangka HUT RI ada acara keagamaan islam”, bebernya.

Jayanta berharap “Dengan modal itu nantinya warga binaan ini bisa berguna ssampai dia bebas nanti bisa melakukan Qultum di seputaran rumah mereka, di Masjid-masjid bahkan menjadi muajim atau sudah bisa Azan. Dan akhirnya mereka tidak mengulangi lagi tindak pidana dan akhirnya bisa menularkan kepada teman-teman mereka di dalam blok untuk tidak menggunakan Narkoba lagi maupun hal-hal yang negatif”, jelas nya.

Tambah Kalapas lagi “Pembagian hadiah nantinya di berikan pada hari H, tepatnya hari Kemerdekaan Jumat 17 agustus 2018, sekalian pengumuman bagi para WBP yang mendapat remisi. Sekali gus puncak acaranya diadakan kegiatan panjat pinang bagi pria dan wanita”, lukas Jayanta. (M. Gani/Fauzi)