Beranda Hukum Perkara Hukum Tahun 2018 di Kapuas Hulu Menurun

Perkara Hukum Tahun 2018 di Kapuas Hulu Menurun

65
0
Loading...

Buktipers.com Kapuas Hulu (Kalbar)

Pengadilan Negeri Kelas II Putussibau di tahun 2018 ini telah menyelesaikan 128 perkara pidana. Jumlah kasus ini menurun dibandingkan perkara di tahun 2017 dengan jumlah 143 perkara.

Penururan jumlah kasus itu disampaikan Humas Pengadilan Negeri (PN) Putussibau, Douglas Napitupulu SH, Kamis (10/1/2019).

“Untuk tahun 2018 jumlah menurun jika dibandingkan tahun lalu,” ujarnya

Douglas juga menjelaskan, untuk jumlah perkara seluruhnya mulai dari perkara pidana dan perdata mencapai 171 perkara, yang sudah diselesaikan tahun 2018 kemarin.

Maka untuk tahun 2019 ini, bagaimana pihaknya dapat menyelesaikan perkara yang ada sebanyak mungkin.

“Kami di sini, satu hakim itu kurang lebih harus menyelesaikan 60 perkara. Sementara satu perkara maksimal sudah selesai dalam waktu lima bulan,” ucapnya.

Baca Juga!  Polisi Temukan Penyimpanan Narkotika di Apartemen Kembangan

Lanjut Douglas, di PN Kelas II Putussibau, hakimnya hanya ada 4 orang. Dengan jumlah hakim 4 orang ini, sebenarnya tidak ada masalah yang berarti dalam menjalankan tugas yang ada, hanya saja pihaknya tetap berharap agar di PN Putussibau ini ada penambahan hakim.

“Agar beban kerja yang kami lakukan pun lebih maksimal,” tuturnya.

Lanjut Douglas, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, untuk PN Putussibau saat ini rangking ketiga se-Kalbar dalam ketepatan waktu penyelesaian perkara.

“Karena kami selalu memberikan ruang kepada masyarakat yang ingin memantau perkaranya bisa melihatnya secara online, karena kami juga menyediakan fasilitas internet. Terutama di bagian PTSP untuk menanyakan perkaranya,” ujarnya.

Maka untuk itu ia sangat berharap, agar masyarakat Kapuas Hulu dapat memanfaatakan kemudahan-kemudahan yang telah disediakan PN Putussibau dalam peningkatan masyarakat mencari keadilan.(Arief/Bayu)

Loading...