Beranda Lintas Provinsi Persiapan Konser Karungut Kecapi Meriahkan Hari Jadi Kota Palangka Raya

Persiapan Konser Karungut Kecapi Meriahkan Hari Jadi Kota Palangka Raya

49
0
Gebyar kecapi, budaya khas Kalteng akan menyemarakan hari jadi Kota Palangka Raya.
Loading...

Buktipers.com – Palangka Raya

Gebyar kecapi, budaya khas Kalteng  akan menyemarakan hari jadi Kota Palangka Raya, dan pada sore tadi dilaksanakan geladi untuk persiapan besok, Rabu (17/7/2019).

Awak media mewawancarai Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Drs H. Sahdin Hasan, selaku pembina lomba kecapi karungut menjelaskan, “kegiatan konser karungut  dan kecapi dipusatkan di  Tugu Dr Ir Soekarno. Kenapa kita pilih tempat ini agar anak didik tingkat SD se kota Palangka Raya dan juga para guru pendamping agar mengetahui sejarah tugu Soekarno ini yang merupakan sejarah Nasional  yang tidak kalah dari provinsi serta pulau lain,”jelasnya.

Dan tujuan konser kesenian budaya daerah karungut dan kecapi ini, untuk pembentuk karakter anak mencintai budaya tradisional dalam keseniannya, ucapnya.

Baca Juga!  Amuk Penyerang Kantor Polisi Usai Ketua PPP Tewas Duel dengan Pencuri

Karungut ini juga akan kita lestarikan agar menjadi daya tarik wisatawan manca negara dan nusantara. Karungut dan kecapi ini nanti akan kami terapkan di sekolah sekolah, sebagai mata pelajaran muatan local, ungkap Hasan.

Sedangkan panitia konser ini menuturkan, “bahwa adanya  kegiatan konser  yang kami buat, ide ini untuk mengangkat kembali kesenian daerah, agar dicintai para generasi muda dari usia dini. Gagasan kami bersama kepala sekolah dan guru yang ada Palangka Raya, disambut baik oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, dam memberikan dukungan besar pada panitia, serta apresiasi dari masyarakat Kalteng yang memberikan semangat, ujar Deni.

Peserta Konser Karungut dan Kecapi sebanyak 87  siswa SD se Kota Palangka Raya.

Baca Juga!  Poldin Panjaitan, Istri dan Anaknya Tewas Kecelakaan, Keluarga Histeris

 

(Surya-Hadiboy)

Loading...