Perss Police Minta Pemkab Labuhanbatu Transparan Penggunaan Anggaran Covid-19

0
57
Ketua Perss Police Labuhanbatu, Abi Riduwan SH.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Grup atau Perkumpulan Wartawan dengan sebutan Perss Police, meminta  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu agar  transparan atas penggunaan anggaran Covid-19 Tahun Anggaran 2021.

Ketua Perss Police Labuhanbatu, Abi Riduwan SH mengatakan, situasi Level 3 dengan zona merah yang terjadi akibat pandemi Covid-19, bukan alasan bagi Pemkab Labuhanbatu untuk tidak transparan.

“Yang perlu digaris bawahi adalah mau pengadaannya dalam keadaan darurat pun yang namanya prinsip transparansi dan akuntabilitas harus tetap dijunjung, tidak bisa dinomorduakan,”kata Abi dalam sebuah diskusi, Selasa (24/8/2021).

Abi mengatakan, publik berhak tahu pengunaan uang yang berasal dari APBD maupun APBN dalam rangka penanganan Covid-19 yang sangat erat dengan kebutuhan masyarakat.

“Transparansi pengunaan anggaran itu juga diperlukan menyusul banyaknya inisiatif masyarakat yang mengumpulkan donasi berupa uang dan barang untuk penanganan Covid-19,”ungkap Ketua Perss Police.

Hal ini diperlukan supaya donasi yang dikumpulkan perusahaan, pengusaha atau masyarakat selaras dengan pengadaan kebutuhan untuk menangani Covid-19 yang dilakukan Pemerintah.

“Harusnya pemerintah bisa memberikan informasi yang lebih jelas, berapa banyak sih masyarakat yang melakukan sumbangan uang, pengusaha, perusahaan baik itu barang. Kalau barang, APD-nya sudah berapa banyak, kemudian yang dibutuhkan pemerintah berapa banyak,”kata Abi.

Abi mengatakan, informasi semacam itu masih sulit untuk diakses publik. Padahal, informasi itu penting karena pengadaan terkait Covid-19 ini akan berpengaruh pada berapa banyak nyawa yang dapat diselamatkan.

“Harusnya publik juga tahu, atau melalui saluran media, berapa peruntukan anggaran dana Covid-19, berapa yang sudah tersalurkan. Apalagi Pemkab Labuhanbatu mempunyai akses Dinas Kominfo. Jika tertera di halaman website Kominfo, masyarakat akan lebih jelas melihatnya,”pinta Abi.

 

(Syafii Harahap)