Pertama dalam Sejarah, Ini Sosok Pati TNI AU yang Menjabat Danpaspampres

0
2
Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) (dok Penkopasgat)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Penunjukan ini menjadi sejarah baru.

“Dipilihnya Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko sebagai Komandan Paspampres mencatatkan sejarah baru, karena baru pertama kali ini Danpaspampres dijabat oleh perwira tinggi dari TNI Angkatan Udara,” demikian seperti dikutip di situs Kopasgat TNI AU, Kamis (30/6/2022).

Marsma Wahyu diketahui merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993 dari Korps Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Dengan jabatan baru sebagai Danpaspampres, pangkat Marsma Wahyu akan naik satu tingkat lebih tinggi menjadi Marsekal Muda (Marsda) TNI.

Pengangkatan ini tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI Nomor 6 Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Sebelumnya, Marsma Wahyu menjabat Wakil Komandan Paspampres (Wadanpaspampres). Dia menggantikan Mayjen Tri Budi Utomo yang kini menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Penunjukan Marsma Wahyu sebagai Danpaspampres turut membuat bangga Korps Kopasgat dan TNI AU. Diharapkan, nantinya jabatan Danpaspampres dapat dijabat bergantian dan merata dalam tiga matra yakni TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

“Dengan diangkatnya Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko sebagai Komandan Paspampres hal ini merupakan kebanggaan bagi Korps Baret jingga, Kopasgat. Selain menjadi kebanggaan bagi Kopasgat juga sebagai sebuah prestasi luar biasa dan mengukir sejarah baru, di mana Marsma TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko dipercaya pimpinan atas untuk menduduki jabatan Danpaspampres yang pertama kali sepanjang sejarah dari TNI AU,” tulisnya.

Berikut ini jejak karier Marsma Wahyu sebelum ditunjuk menjadi Danpaspampres:

– Komandan Batalion Komando 462/Paskhas (2006),

– Komandan Skuadron Udara Karbol I Wingkar AAU (2008),

– Danden 3 Grup A Paspampres (2010),

– Wadan Grup A Paspampres, Komandan Grup C Paspampres, Asops Korpaskhas (2014-2015),

– Komandan Pusdiklat Paskhas (2015-2016),

– Patun Kelompok Susstaf Korsis Seskoau (2016-2018),

– Asren Korpaskhas (2018-2021), sebelum berganti menjadi Kopasgat, dan

– Wakil Komandan Paspampres (2021-2022).

“Dengan jabatan barunya sebagai Danpaspampres tersebut, semoga Marsekal Pertama TNI Wahyu Hidayat dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan benar, sesuai kewenangannya,” katanya.

 

Sumber : detik.com