Pertama Kali, Kapolres Sergai Resmikan “Kedai Murah” di Masa Pandemi Covid-19

0
54
Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, meresmikan Kedai Murah Sat Lantas dan Bhayangkari Polres Sergai, di Dusun V, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai, Sabtu (24/10/2020), pukul 08:00 WIB.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Di masa pandemi Covid-19, Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, meresmikan Kedai Murah Sat Lantas dan Bhayangkari Polres Sergai, di Dusun V, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai, Sabtu (24/10/2020), pukul 08:00 WIB.

Kasat Lantas Polres Sergai, AKP Agung Basuni menyampaikan, kedai murah ini bertujuan untuk memberikan terobosan kreatif bidang edukasi kepada masyarakat,  khususnya di masa pandemi Covid-19.

Agar tidak terus menerus memiliki ketergantungan terhadap bantuan yang diberikan oleh pemerintah, dimana pada dasarnya bantuan tersebut memiliki keterbatasan baik jumlah dan jenisnya.

Disamping itu, sebagai masukan kepada Kapolres, tentang pemberdayaan potensi personil dan Bhayangkari disamping tugas tugas rutin setiap hari, ternyata mampu membantu memberikan kontribusi dengan kegiatan positif berupa pemanfaatan hasil uang infaq dan progam penanaman serta peternakan ketahanan pangan Satuan lalu lintas Polres Sergai.

Selain itu, lanjut Agung, memberikan bantuan masyarakat kepada masyarakat kurang mampu dengan menjual sembako dengan harga relatif murah diprioritas bagi warga terdampak Covid-19 seperti pekerja serabutan.

Tujuan ini sebagai gambaran kepada pimpinan tentang fenomena pandemi serta dampaknya di wilayah Kabupaten Sergai, berikut solusi untuk memecahkannya.

Disamping itu guna memberikan kontribusi pemikiran terhadap arah kebijakan dari pemerintah juga pimpinan polri dalam percepatan penangangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Indonesia.

“Alhamdullilah, kedai murah adalah perdana yang baru pertama kali dilakukan di wilayah Hukum Polres Sergai, bisa jadi pertama kali di Indonesia,”ungkapnya.

Sasaran dari kedai murah ini, diutamakan masyarakat kurang mampu dengan prioritas yang terdampak  Covid-19.

Disamping itu, juga sasaran ditujukan bagi masyarakat di daerah pelosok yang mungkin sangat membutuhkan sembako murah karena keterbatasan kemampuan atau daya beli.

“Sumber dalam pelaksanaan giat kedai murah bersumber dari kotak amal infak personil Sat lantas  Polres Sergai yang dikutip setiap hari Sabtu, pada saat pelaksanaan apel bersama. Program ketahanan pangan yang dikelola oleh personil Satlantas di seputan lingkungan Polres Sergai,”pungkas AKP Agung Basuni.

Sebelumnya, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hal ini merupahkan program – program Kapolres, bersama Sat Lantas dan ibu Bhayangkari Polres Sergai yang bisa melakukan terobosan-terobosan untuk bahan pangan murah.

Kenapa bisa murah, karena sebagian bahan pangan ini di tanam di Polres Sergai seperti sayuran, cabe dan ikan ditanam di halaman-halaman Polres, seperti  lahan kosong dan hasilnya sekarang sudah ada hasilnya dan hasilnya itu melimpah sehingga bisa mencukupi masyarakat dengan jual murah.

Hal ini bertujuan itu juga mengajarkan untuk masyarakat supaya tidak terlalu mengharapkan bantuan -bantuan jadi kita buat harga yang jauh lebih murah ada semacam pesan moral kepada  masyarakat.

“Program ini akan terus menerus hingga bersinambungan sampai nanti ada waktunya, mungkin di masa pandemi hingga selesai dan barang kali kita akan melakukan program lainya,”pungkas Kapolres AKBP Robin.

Menanggapi hal ini, Plt Kepala Desa Firdaus, Jamurik mengatakan, pihaknya sebagai Pemerintah Desa Firdaus, memberikan apresiasi, karena mulai ini dilakukan di desa mereka. Mungkin desa – desa lain juga baru kali ini, yang pasti kalau ada Kedai Murah seperti ini pastinya sasarannya untuk warga saya, katanya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Sat Lantas Polres Sergai khususnya bapak Kapolres Sergai sampai seluruh jajaran. Untuk itu sekali lagi, saya selaku Kepala Desa Firdaus mengucapkan terimakasih,”katanya.

Jumrik juga berharap kegiatan kedai murah ini terus berkelanjutan hingga pandemi Covid-19 selesai. Dan saya terinspirasi juga dengan kegiatan ini dan ingin melakukan misalnya bersama pengusaha -pengusaha yang ada di Desa Firdaus ini dan akan kita kordinir untuk melakukan kegiatan seperti ini hingga covid-19 selesai, ungkap Jumrik.

Selanjutnya, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang bersama Kasat Lantas Polres AKP Agung Basuni dan Ibu Bhayangkari, menjualkan bahan – bahan sembako kepada masyarakat terutama masyarakat kurang mampu.

Begitu juga personil Unit Dikyasa menjual bahan sembako berkeliling dengan mengendarai sepeda motor.

 

(ML.hrp)