Pesan Bupati Deliserdang untuk Kepala Desa Terpilih

0
1
Bupati Deliserdang, H. Ashari Tambunan melantik 304 kepala desa se- di Alun-alun Pemkab Deliserdang. Istimewa
Dijual Rumah

Lubukpakam, buktipers.com – Bupati Deliserdang, H. Ashari Tambunan melantik 304 kepala desa se- di Alun-alun Pemkab Deliserdang.

“Mulai hari ini, saudara-saudara resmi menjadi bagian dari aparat penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Deliserdang yang bersama-sama dengan pemerintah kecamatan maupun pemerintah kabupaten ditugaskan untuk melaksanakan amanah dari masyarakat,” ujarnya saat memberikan kata sambutan.

Ia menambahkan, seluruh kepala desa menjalankan roda pemerintahan dalam rangka pencapaian tujuan yakni masyarakat sejahtera.

Menurutnya, kepala desa bertanggungjawab kepada bupati melalui camat yang bertugas sebagai penyelenggara pemerintah desa.

Kemudian, melaksanakan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan.

Selain itu, kata dia, terkait pembangunan desa, akan didukung dana bersumber dari APBN melalui dana desa maupun bersumber dari APBD yakni Alokasi Dana Desa (ADD). Lalu, ada bagian dari hasil pajak dan retribusi daerah.

“Sebagai pengguna anggaran, kepala desa diberi kewenangan dan tanggung jawab sepenuhnya untuk melaksanakan pembangunan desa yang berorientasi pada upaya memajukan desa. Dan perekonomian masyarakat desa,” katanya.

Selain itu, kepala desa harus melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik untuk dapat melakukan percepatan pembangunan di desa dengan tetap melibatkan para stakeholder utama di desa.

Sehingga meskipun telah diberikan dukungan dana besar namun pembangunan melalui keswadayaan dengan mengedepankan nilai-nilai kegotong-royongan masyarakat sebagai bagian dari keistimewaan desa dapat tetap terjaga.

“Saya minta agar saudara-saudara untuk bisa menghidupkan kembali Gerakan Deliserdang Membangun (GDSM) yang telah kita buktikan mampu mempercepat pelaksanaan pembangunan di Deliserdang melalui dukungan bersama antara pemerintah, masyarakat dan para pengusaha. Buktikan kehadiran saudara-saudara sebagai kepala desa mampu membawa perubahan yang besar, khususnya untuk perubahan Deli Serdang ke arah lebih baik sekaligus pada bagian yang lebih luas kita juga dapat mewujudkan cita-cita pemerintah yang dikenal dengan Desa Membangun Indonesia,” ungkapnya.

Dalam melaksanakan tugas, lanjut dia, mewanti-wanti agar para kepala desa tidak terlena hanya menjadi seorang birokrat.

Namun harus menunjukkan sikap sebagai seorang pemimpin, pamong, serta sosok ayah dan ibu yang mampu memberi rasa aman, nyaman dan tentram bagi seluruh masyarakat.

“Tantangan dan hambatan pasti akan kita hadapi, namun jadikan itu sebagai pendorong semangat untuk menempatkan saudara sebagai sosok pelayan masyarakat yang dicintai,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman dalam laporannya menjelaskan, pelantikan diikuti 304 kepala desa hasil Pilkades serentak gelombang 1 tahun 2022, ditambah satu kades antar waktu, yakni Kepala Desa Pulau Tagor Baru, Kecamatan Galang.

Penyerahan SK Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa diberikan secara simbolis kepada 22 kepala desa perwakilan setiap kecamatan serta penyematan diberikan kepada delapan kepala desa dari tiga agama.

 

Sumber : tribunnews.com