Pesan Presiden Joko Widodo Kepada Para Pejabat di Papua

0
1
Presiden RI Joko Widodo dan rombongan terbatas bertolak ke Kabupaten Merauke guna melanjutkan kunjungan kerja di Provinsi Papua, pada Minggu (3/9/2021) [Dok BPMI].
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada Gubernur dan Bupati-bupati di Papua. Salah satunya terkait dengan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun di Papua.

Mantan Wali Kota Solo ini menginginkan para pejabat di Papua bisa melahirkan sentra-sentra ekonomi yang baru dengan adanya pembangunan infrastruktur. Misalnya, bisa memanfaatkan terminal penumpang Bandara Mopah Merauke.

“Saya ingin berpesan ke Gubernur dan terutama Bupati Merauke, memanfaatkan terminal ini sebaik-baiknya, melahirkan sentra ekonomi yang baru di kabupaten Merauke,” ujar Jokowi dalam peresmian Terminal Penumpang Bandara Mopah Merauke, Minggu (3/10/2021).

Selain itu Jokowi berpesan, Gubernur dan Bupati bisa meningkatkan daya saing produk lokal agar bisa diekspor dan juga mendukung investasi.

“Sehingga, betul-betul bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat merauke dan umumnya di Papua,” ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, pembangunan infrastruktur memang harus dilakukan. Sebab, bilang Jokowi, dengan negara yang memiliki rentang wilayah sangat luas, butuh konektivitas agar bisa saling terhubung dan memudahkan mobilitas orang, barang, dan jasa.

“Agar ekonomi kita semakin efisien yang bisa meningkatkan daya saing kita dalam persaingan global, Itulah pentingnya infrastruktur, karena sejak 7 tahun terakhir kita terus membangun dan mengembangkan bandara, membangun pelabuhan untuk memperlancar konektivitas tol laut dan membangun jalan di seluruh penjuru Tanah Air,” tutur dia.

Sebelumnya, Jokowi meresmikan terminal penumpang Bandara Mopah, Merauke Papua. Menurutnya, terminal tersebut bisa melayani ratusan ribu penumpang dalam setiap tahunnya.

Jokowi memaparkan, terminal penumpang Bandara Mopah Merauke memiliki luar 7.200 meter persegi yang cukup menampung penumpang 638 ribu orang per tahun.

“Terminal baru ini kita harapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan penumpang dan kita harapkan makin tertata makin bersih dan nyaman,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, terminal ini akan terus dikembangkan agar bisa menampun penumpang lebih banyak dari sekarang. Pengembangan terminal ini ke depan diharapkan Jokowi bisa meningkatkan kualitas pelayanan penumpang dan makin tertata dengan baik.

 

Sumber : Suara.com