Beranda Parawisata Petani Harus Tangkap Peluang Ditetapkannya Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Internasional

Petani Harus Tangkap Peluang Ditetapkannya Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Internasional

61
0
Wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga bersama para petani Samosir.(foto/ist)
Loading...

Buktipers.com – Samosir (Sumut)

Petani di Kabupaten Samosir harus dapat menangkap peluang ditetapkanya Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Internasional. Sektor pariwisata jelas-jelas butuh hasil-hasil pertanian dalam menyajikan kebutuhan masyarakat dan wisatawan khususnya.

Demikian wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga, saat menyalurkan bantuan benih jagung Hibrida yang bersumber dari dana APBN Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI (Benih Pusat) di Kabupaten Samosir.

Adapun benih jagung diterima 112 Kelompok Tani dengan jumlah benih 61.200 Kg (61.2 ton) dengan luas lahan yg akan ditanam 4.975 Ha.

“Mari bapak-bapak dan ibu-ibu petani, tetap semangat berkarya untuk kesejahteraan bersama, bekerja dengan tulus, iklas, pasti Tuhan memberikan rezeki,” katanya, Rabu (5/12/2018).

Baca Juga!  Cor Beton Milik PUPR Samosir Ambruk, Begini Kata Pemilik Tanah  

Apa yang dikatakan Wakil Bupati Samosir ini sangat beralasan, agar para petani tetap bersemangat untuk memacu pembangunan sektor pertanian di daerah itu.

Hal ini tentu didasari, bahwa sektor pertanian di Samosir mendominasi lapangan kerja, dan menjadi sumber pendapatan penduduk Kabupaten Samosir.

Mengutip Samosirkab.go.id, mengenai pontensi pertanian Samosir, dijelaskan, bahwa tenaga kerja yang terserap dalam sektor pertanian sebesar 82,60% dari total tenaga kerja.

Komoditi yang potensial dikembangkan di Kabupaten Samosir yaitu padi, jagung, kacang tanah, kedelai, ubi kayu, ubi jalar, bawang merah, cabai, tomat, kentang dan kubis.

Bahkan Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon pada saat kunjungan Presiden Joko Widodo baru lalu mengatakan, 80 persen mata pencarian masyarakat Samosir bergantung pada hasil pertanian.

Baca Juga!  Hari Guru Nasional di Humbahas Dipimpin Dra.Benni Sihite

Bicara sektor wisata, Pemkab Samosir, lanjut Rapidin, juga berencana membangun patung Sigale-gale raksasa sebagai bangunan monumental (landmark) Pulau Samosir. (ril/samosirkab.go.id/suaratani.com)

 

Loading...