Beranda Nasional Pimpinan KPK Baru Tak Ada dari Kejaksaan, Begini Reaksi Jaksa Agung

Pimpinan KPK Baru Tak Ada dari Kejaksaan, Begini Reaksi Jaksa Agung

14
0
Jaksa Agung HM Praetyo. (Net)
Loading...

Jakarta, buktipers.com – Komisi III DPR telah menetapkan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Dari lima nama yang ditetapkan, tidak ada dari unsur kejaksaan.

Jaksa Agung HM Prasetyo tak mempermasalahkan tidak adanya jaksa dalam jajaran pimpinan KPK. Dia mengaku, meski tidak ada yang menjadi pimpinan namun banyak jaksa yang bekerja di lembaga antirasuah tersebut.

“Ya ndak apa-apa, kami punya 90 jaksa lebih di situ (KPK). Mereka yang nanti bekerja di sana untuk kasus-kasus yang ditangani oleh KPK,” kata Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Dia menampik isu adanya intervensi Jaksa Agung terkait kasus yang melibatkan kader Partai NasDem H Bandjela Paliudju sehingga Johanis Tanak tidak terpilih. Prasetyo mengklaim, dirinya yang mengusulkan Johanis Tanak mengikuti seleksi capim KPK.

Baca Juga!  Ketua DPRD Kapuas Hulu Mengundurkan Diri

“Ndak ada, konflik apa, yang mengatakan konflik kan kalian, ndak ada konflik. Saya usulkan Tanak untuk ikut seleksi capim KPK, konflik apa?” ujar Prasetyo.

Seperti diketahui, dari 10 capim KPK, hanya satu jaksa yang tersisa yakni Johanis Tanak.

Sebelumnya, Komisi III DPR sepakat memilih Irjen Pol Firli Bahuri sebagai ketua KPK periode 2019-2023. Keputusan itu dihasilkan secara aklamasi dalam rapat tertutup setelah pemungutan suara atau voting penentuan lima capim KPK, Jumat (13/9/2019) dini hari.

Firli merupakan capim KPK dari unsur Polri. Sebagai ketua KPK, pria yang saat ini menjabat kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) itu akan didampingi empat wakil yakni Nurul Ghufon, Alexander Marwata, Nawawi Pomolango dan Lili Pintauli Siregar.

Baca Juga!  Kajari Lingga Akan Berganti, Semua Kasus Tetap Lanjut

“Seluruh perwakilan fraksi-fraksi menyepakati, untuk menjabat pimpinan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai Ketua adalah Saudara Firli Bahuri,” kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsudin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

 

Sumber : detik.com

 

Loading...