Pipanisasi Menjadi Prioritas Dana Desa Di Huta Galung

0
704
IMG_20171007_133223

BuktiPers.Com – Samosir (Sumut)

Penggunaan Dana Desa di Desa Huta Galung, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, sebab Dana Desa merupakan program pemerintah pusat yang tujuannya untuk mensejahterakan rakyat serta membangun Desa.

Kepala Desa Huta Galung, Benget Sitinjak, SE bersama masyarakatnya bersepakat mengalokasikan Dana Desa untuk membangun Embung Air bersih dan PIPANISASI sepanjang 3.500 meter ,sumber Dana Desa Tahun 2017 dengan biaya Rp 631 juta. Pipanisasi itu dilangsungkan memenuhi kebutuhan rakyatnya mulai dari dusun I, dusun 2 dan dusun 3, agar semua warga mendapat air bersih yang bisa langsung disambungkan ke rumah masing-masing warga.

Namun Sesuai kesepatan di desa itu bahwa pemerintah desa Huta Galung hanya mampu memfasilitasi pipanisasi di depan rumah masing-masing warga, karna keterbatasan anggaran, tapi warga bisa menyambung pipa ke rumahnya masing-masing.

Benget Sitinjak, SE yang didampingi Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) S. Simarmata, Sekretaris Karmudi Sitinjak, Bendahara Luhut Sitinjak mengatakan kepada BuktiPers.Com, Sabtu (7/10/2017) lalu di saat melakukan monitoring ke lapangan, bahwa Air bersih yang disalurkan ke masyarakatnya adalah Air bersih yang bisa langsung diminum, sehingga warga tidak lagi sulit mengambil air bersih dari sumber air yang ada di desa Huta Galung karena warga sudah bisa langsung mengambil air di kamar mandi masing-masing warga.

Sejak adanya Dana Desa yang telah digulirkan Pemerintah Pusat , Desa semakin terus berbenah diri melaksanakan berbagai pembangunan untuk kepentingan masyarakat. Krisis air bersih yang dialami masyarakat kini sudah teratasi, dengan adanya Dana Desa sehingga masyarakat Desa tidak lagi kesulitan air bersih, ujar Kades Huta Galung Benget Sitinjak, SE yang didampingi Plt Sekdes B. Sitinjak. (BP/Red)