Plt. Kadis Kominfo Labuhanbatu Membuka Lokakarya Jurnalistik PWI

0
4
Foto bersama disela acara.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Mewakili Bupati Labuhanbatu, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Fadly Rangkuti, ST., M.Kom, membuka Lokakarya Jurnalistik dan Pra-UKW  (Uji Kompetensi Wartawan) yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Ballroom Hotel Suzuya Rantau Prapat, Jl. Ahmad Yani, Rantau Selatan, Senin (26/09/2022).

Fadly mengatakan, pelatihan jurnalistik oleh PWI ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam pembuatan berita.

“Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sangat mendukung kegiatan ini. Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan insan pers sebagai kontributor pemberitaan terutama dalam pemberitaan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu dan semakin tercipta sinergitas antara pemerintah dengan insan pers,” ucap Fadly.

Fadly menambahkan, lokakarya jurnalistik ini  dilaksanakan dengan mengusung tema “Mewujudkan jurnalis yang beretika dan profesional sebagai barometer Bolo Labuhanbatu bermartabat.”

Wartawan adalah wadah dan juga sumber informasi bagi masyarakat baik melalui media online, cetak, dan juga elektronik.

Oleh karena itu, sudah seharusnya berita yang diterima oleh masyarakat adalah berita yang berkualitas, berita yang berbobot, berita yang mengedukasi masyarakat, berita yang membangun dan tidak bersifat hoax.

“Pemberitaan yang berkualitas tentunya juga sejalan dengan motto Bupati Labuhanbatu yaitu Bolo Labuhanbatu yang tujuannya adalah untuk meningkatkan harkat dan martabat Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu. Sesuai dengan tema acara ini, harapannya wartawan akan semakin profesional dan bermartabat dalam melakukan tugasnya sebagai insan pers,” tutupnya.

Ketua PWI Sumatera Utara, H. Farianda Putra Sinik mengatan, PWI Sumatera Utara sangat mendukung kegiatan ini karena merupakan kegiatan yang positif seperti pelatihan jurnalistik dan pra UKW.

“Sesuai dengan tema, saya tidak ingin hanya wartawan hanya profesional saja,  tapi juga ada etika, ada adab.  Kami berusaha bagaimana PWI sumut, selain profesional, juga beretika,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal mengucapkan terima kasih kepada kawan kawan wartawan yang telah hadir pada hari ini. PWI Labuhanbatu memberikan yang terbaik dalam peningkatan sdm. Ini adalah langkah awal serangkaian dengan kegiatan nanti malam, katanya.

“Kepada kawan kawan yang mengikuti pelatihan ini, semoga bermanfaat dan juga semoga kegiatan ini menjadi program kami, ” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan kartu peserta dan pemberian sertifikat kepada wartawan senior secara simbolis.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua PWI Sumut dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumut Muhammad Syahrir.

Diketahui, kegiatan Lokakarya Jurnalistik dan Pra UKW ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Labuhanbatu Periode 2022-2025 yang akan dilaksanakan pada malam, 26 September 2022.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kabag Humas Polres Labuhanbatu, Ipda Arwin, SH, Kabid Komunikasi Informasi Publikasi dan Statistik Kominfo Labuhanbatu, Indra Sutan Harahap, Bagian Media Cyber PWI, pengurus PWI Labuhanbatu, dan para insan pers di Labuhanbatu.

 

(Syafii Harahap)