Beranda Lintas Provinsi Poktan Pengusaha Muda Buka “Bengkel Peternakan”

Poktan Pengusaha Muda Buka “Bengkel Peternakan”

80
0
Suasana membahas pengusaha muda bengkel peternakan, di Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Kepri.

Lingga, buktipers.com – Kelompok Tani (Poktan) Pengusaha Muda Kabupaten Lingga, membuka sebuah wadah dan usaha di bidang peternakan yang disebut dengan “bengkel peternakan”.

Bengkel Peternakan tersebut diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Siswadi AKS, didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Teuku Taufik Ardiansyah, di sekretariat Kelompok Tani Pengusaha Muda, jalan Berindat, Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Kepri, Sabtu (30/11/2019), lalu.

Siswadi pada kesempatan tersebut, mengatakan, “pada prinsipnya harapan-harapan kami pada kaum muda yang disebut dengan kaum millenial saat ini, yang cukup energik dan memiliki pemikiran-pemikiran yang kreatif dapat berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada khususnya di bidang peternakan ini,”ungkapnya.

Baca Juga!  Polisi Amankan Pria yang Sebar Zakat Pakai Uang Palsu

Kami juga berharap, “para pemuda yang tergabung di dalam Kelompok Tani Pengusaha Muda ini, mari kita bersinergi, antara pemerintah dengan masyarakat untuk mewujudkan usaha dan cita-cita kita dimana kedepannya peternakan di Kabupaten Lingga ini semakin maju,”katanya.

Sementara itu, Ketua Poktan Pengusaha Muda, Mohamad Imam Handoko, S.Sos, menyampaikan, “tujuan membentuk “bengkel peternakan” ini, yaitu sebagai wadah berkumpul dan belajar bersama serta saling berbagi pengalaman, mengenai ilmu-ilmu peternakan dan juga pertanian yang bersifat praktis dan aplikatif,”tutur Imam.

Imam, salah seorang pengusaha muda kelompok tani Kabupaten Lingga.

Lanjut alumni mahasiswa Fisip UNRI Pekanbaru ini, “kita sadari bersama, bahwa pada hari ini, Indonesia,  khususnya Kabupaten Lingga, mengalami yang namanya krisis petani milenial. Dimana pada hari ini, jumlah petani muda di Kabupaten Lingga boleh dikatakan nihil yang ada hanya petani dengan usia yang tidak produktif lagi (usia tua) di atas umur 50-an, dan jika ini terjadi terus-menerus, maka kedepannya Kabupaten Lingga tidak memiliki petani lagi,”ujarnya.

Baca Juga!  Jalan Utama Seruway Semakin Rusak, Pejabat Berwenang “Tutup Mata” Bisa Dipidana Penjara  

Oleh karena itu, “kami berharap dengan berdirinya wadah ini, yang kami sebut dengan bengkel peternakan ini, mampu menjadi salah satu inovasi didalam mengembangkan SDM di bidang peternakan yang modern dan berintegritas, sehingga kelangkaan dan kurangnya serapan petani muda di Kabupaten Lingga ini dapat teratasi,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP Lingga, drh. Teuku Taufik Ardiansyah mengungkapkan, “dengan terbentuknya bengkel peternakan ini, kami berharap wadah ini dapat  memberikan kesempatan bagi usia angkatan kerja agar dapat memperoleh akses ilmu serta teknologi terapan serta peran aktif dalam usaha budidaya pertanian dan peternakan terpadu,”ungkap Taufik.

Selain itu, dengan terbentuknya bengkel peternakan ini, diharapkan juga dapat memberikan ruang gerak bagi pelaku dan komunitas peternak muda (Milenial) untuk menuangkan ide dan kreatifitas, berkoordinasi dan berkolaborasi dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru disektor peternakan. Menciptakan agroprenuer muda serta mengatasi Krisis regenerasi petani muda di Kabupaten Lingga, kataTaufik lagi.

Baca Juga!  BPN Kapuas Hulu Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah untuk Masyarakat  

Acara peresmian bengkel peternakan tersebut, dilanjutkan workshop yang diisi drh. Teuku Taufik Ardiansyah dengan tema “Pembentukan Bengkel Kerja Kelompok Usaha Peternakan Terpadu Untuk Pemberdayaan Usia Produktif Kerja di Kabupaten Lingga,”tutupnya.

(Zul)

Loading...