Polda Lampung Temukan 6,28 Hektare Kebun Ganja di Aceh Utara

0
1
Jajaran Polda Lampung dan Tim gabungan mengungkap 6,28 hektare kebun ganja di pedalaman Desa Lhokdrien Dusun Uteu, Kecamatan Sawang, Aceh Utara (Andres Afandi/MNC Portal)
Dijual Rumah

Bandarlampung, buktipers.com- Jajaran Polda Lampung dan Tim gabungan mengungkap 6,28 hektare kebun ganja. Tak main-main, kebun itu berada di pedalaman Desa Lhokdrien Dusun Uteu, Kecamatan Sawang, Aceh Utara.

Direktur Reserse Narkoba Polda Lamung, Kombes Pol Aris Supriono mengatakan, pengungkapan ini merupakan hasil pengembangan penangkapan dua penerima paket 5 kg ganja asal Aceh pada November 2021.

“Ini pengembangan terhadap penangkapan pelaku PH dan DI. Mereka pemilik paket 5kg ganja yang akan diselundupkan ke Bandung, Jabar. Dari keterangan keduanya, ganja ini berasal dari MS warga Kampung Doy, Banda Aceh,” kata Aris, Senin (28/2/2022).

Aris menambahkan, penemuan ladang ganja ini dilakukan oleh Tim gabungan Polda Lampung, Polda Aceh, Kodim 0103 Aceh Utara dan Ditjen Bea Cukai.

“Untuk bisa ke lokasi, tim harus berjalan kaki selama empat jam. Kebun itu tidak dapat dilewati mobil atau motor,” katanya.

Lebih lanjut Aris mengatakan, 6,28 hektare kebun ganja ini tidak ditemukan di dalam satu lokasi. Ada tiga lokasi dengan jarak yang cukup.

“Lokasi pertama dengan luas 1,78 hektare. Ada 17.800 batang ganja dengan ketinggian di atas 200cm dengan total 17,8 ton,” kata dia.

Kemudian, lokasi kedua luas 3 hektare ada 30.000 batang ganja. Ketinggian di bawah 200cm dengan berat total 15 ton. Lokasi ketiga luas 1,5 hektare ada 15.000 batang ganja dengan ketinggian di bawah 200cm dengan berat 7,5 ton.

“Dari ketiga kebun ganja ini, kami temukan 62.800 batang ganja,” katanya. Sayangnya, tim tidak menangkap MS atau jaringan lain yang menanam ganja tersebut.

“Diduga, pemilik atau penjaga kebun mengatahui kedatangan petugas,” kata dia. Hingga kini, polisi masih memburu MS serta yang berkaitan dengan kebun ganja di Aceh ini.

 

Sumber : iNews.id