Beranda Hukum Polda Sumut Amankan 7 Tersangka, 4 Diantaranya Terpaksa Ditembak dan Sita 59...

Polda Sumut Amankan 7 Tersangka, 4 Diantaranya Terpaksa Ditembak dan Sita 59 Kg Sabu

24
0
Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, menggelar press release yang dipimpin Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihanto, S.I.K., M.Hum, di depan Gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, Kamis (11/7/2019), lalu.
Loading...

Buktipers.com – Medan (Sumut)

Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), baru-baru ini meringkus 7 (tujuh) tersangka Narkotika dari 3 kasus dan menyita 59 kg sabu.

Para tersangka diamankan dari lokasi dan waktu yang berbeda, ada dari Medan Petisah, Medan Baru, Ringroad, Lubuk Pakam (Deli Serdang) dan Tanjungbalai (Sumut).

Dari 7 pelaku yang diamankan, 4 diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di kaki, karena mencoba melarikan diri ataupun melakukan perlawanan kepada petugas.

Hal itu terungkap saat Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, menggelar press release yang dipimpin Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihanto, S.I.K., M.Hum, di depan Gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, Kamis (11/7/2019), lalu.

Baca Juga!  Diteriaki Maling, Pria Ini Babak Belur Dihajar Massa

Wakapolda Sumut, menuturkan, “pengungkapan tiga kasus besar ini, berhasil membekuk 7 tersangka  dan 4 diantaranya dilumpuhkan dengan tembakan di kaki, karena berusaha melarikan diri. Dari tangan pelaku diamankan barang bukti sabu dengan total seberat 59 kg,”ungkapnya.

Masih kata Wakapolda, “ke 7 pelaku ini, merupakan sindikat jaringan internasional, dari Malaysia ke Tanjungbalai, lalu ke Medan, Malaysia ke Medan dan Dumai. Kemudian dari Malaysia ke Aceh dan Medan,”katanya.

Direktur Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Hendri Marpaung mengungkapkan, “pelaku yang pertama ditangkap Unut 1 Subdit III, berlokasi di jalan Iskandar Muda  Medan Petisah, dengan barang bukti 3 kg sabu, pelaku ke kedua ditangkap di jalan Gajah Mada, Kecamatan Medan Petisah, barang bukti 10 kg sabu,”ujarnya.

Baca Juga!  Dua Pengedar Diringkus, Sabu 108 Gram Disita

Lanjutnya, penangkapan ketiga oleh Unit 4 Subdit II, berlokasi di jalan Mesjid, Kecamatan Lubuk Pakam,  Deliserdang, barang bukti 5 kg sabu.

Kemudian penangkapan ke 4  oleh Unit 2 Subdit II, berlokasi di jalan Iskandar Muda, Kecamatan Medan Baru, barang bukti 40 kg sabu.

Penangkapan keempat oleh Unit 2 Subdit II, berlokasi di jalan Ringroad/ Gagak Hitam Medan, barang bukti 4 kg sabu, sebut Kombes Pol Hendri.

Para pelaku dijerat Pasal 114  Ayat (2) dan atau  Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika  dengan ancaman hukuman pidana maksimal hukuman mati.

Selanjutnya, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp.1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp.10.000.000.000,- (sepuluh miliar rupiah), tukas Kombes Pol Hendri Marpaung.

Baca Juga!  Dramatis! Pengejaran Bandar Sabu di Riau, Petugas BNN Tembak 2 Tersangka

Dengan tertangkapnya sabu seberat lebih kurang 59 (lima puluh sembilan) kg itu, sehingga dapat menyelamatkan anak bangsa sebanyak 590.000 (lima ratus  sembilan puluh ribu) orang dengan asumsi 1 gram sabu untuk 10 orang pengguna, ujar Kombes Pol Hendri Marpaung.

 

(S GIAWA )

Loading...