Polda Sumut Bakal Telusuri Pengguna Narkoba ke Sekolah dan Kampus

0
27
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Kapolda Sumatera Utara akan menelusuri dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pelajar dan mahasiswa. Mereka pun akan melakukan penelusuran hingga ke sekolah dan kampus.

Hal itu ditegaskan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Panjaitan saat pelaksanaan pemusnahan narkoba dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2022 di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, Kota Medan, Senin (27/6/2022).

Panca mengatakan, dalam rangka penelusuran itu pihaknya akan melakukan pemeriksaan Narkoba melalui pemeriksaan urine kepada para  pelajar dan mahasiswa. Mereka pun akan melibatkan Dinas Pendidikan di masing-masing daerah dalam pelaksanaan program tersebut.

“Ke depan program kami dengan Dinas Pendidikan, kami akan melakukan pengawasan ketat dengan adik-adik mahasiswa dan pelajar. Karena mereka ini menjadi tunas-tunas bangsa yang mengisi masa depan yang harus kita lindungi bersama,” kata Panca.

Penelusuran kepada pelajar dan mahasiswa ini dilakukan juga untuk menyempurnakan program pemberantasan Narkoba yang selama ini sudah dilakukan Polda Sumut dengan kegiatan grebek kampung narkoba.

“Saya sudah ratusan kali grebek kampung narkoba. Kalau kita grebek tapi tidak ditindaklanjuti oleh kita bersama semua untuk membersihkan termasuk masyarakat yang menjaga hasil dari penggerebekkan itu maka itu akan kembali lagi,” katanya.

Panca pun meminta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat agar upaya pemberantasan narkoba di Sumatera Utara bisa dilakukan secara lebih maksimal.

“Yang kita butuhkan saat ini dan ke depannya adalah komitmen bersama untuk membangun kesadaran masyarakat. Kalau kita sepakat narkotika musuh kita bersama, mulailah dari diri sendiri,” katanya.

 

Sumber : iNews.id