Polda Sumut Gagalkan Peredaran 35 Kilogram Sabu-Sabu dan Tangkap 7 Tersangka

0
153
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto saat menggelar konferensi pers terkait pengungkapan 35 kilogram sabu-sabu. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com  – Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengungkap upaya peredaran 35 kilogram narkoba jenis sabu-sabu berikut tujuh tersangka. Mereka merupakan jaringan peredaran narkoba Provinsi Aceh dan Sumut.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, pengungkapan jaringan peredaran narkoba berawal dari penangkapan tiga pelaku yakni EWS, A, dan JAN. Ketiganya ditangkap di Jalan Nanas 2, Lingkungan I, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Binjai Barat, Kecamatan Binjai Kota, Minggu (13/10/2019) sekitar jam 01.45 WIB.

“Penangkapan ini berawal dari informasi yang berhasil diperoleh petugas dari masyarakat,” kata Agus, Rabu (23/10/2019).

Petugas selanjutnya menggeledah rumah tersangka EWS dan mengamankan empat kilogram sabu-sabu yang disimpan di dalam panci. Ketiga tersangka dan empat kilogram sabu-sabu lantas dibawa ke Polda Sumut untuk pengembangan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku mendapat narkoba dari seseorang berinisial S di Jalan Arwana, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. S diamankan Minggu (13/10/2019) dengan barang bukti sabu-sabu seberat satu kilogram.

Dalam pemeriksaan terhadap S, diketahui sabu-sabu miliknya diperoleh dari seseorang berinisial M alias Z. Selanjutnya, tersangka ini diciduk saat melintas di Jalan Medan-Stabat dengan mobil Toyota Avanza.

“Dari mobil tersangka, petugas berhasil mengamankan dua tas jinjing merah yang berisi 30 bungkus sabu-sabu dengan berat total 30 kilogram,” kata Agus.

Kepada petugas, M mengaku diperintah seseorang berinisial F untuk membawa barang tersebut. F bahkan mengawal perjalan M menggunakan mobil Toyota Expander.

Dari hasil pengembangan, petugas lalu menangkap F dan FA alias I. “Dari penggeledahan mobil F dan FA, sayangnya petugas tidak berhasil menemukan barang bukti narkoba,” katanya.

Oleh petugas, ketiga tersangka diperiksa. Dalam pengembangannya, mereka dibawa ke sebuah lokasi di Kota Binjai yang diduga menjadi lokasi tujuan pengiriman barang. Saat pengembangan, ketiga tersangka mencoba kabur sehingga ditembak di bagian kaki.

Semua tersangka diamankan di Mapolda Sumut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka diganjar dengan Pasal 111 Ayat (1) atau Pasal 114 Ayat (1) dan atau Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman Pidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara enam tahun dan paling lama 20 tahun.

 

Sumber : iNews.id