Polda Sumut Selidiki 8 Desa Siluman di Nias Barat

0
212
Polda Sumut menyelidiki dugaan delapan desa siluman penerima dana desa di Nias Barat. (Foto: ilustrasi)
Dijual Rumah

Nias Barat, buktipers.com – Tim Subdirektorat III Kriminal Khusus Polda Sumut bersama Unit Tindak Pidana Korupsi Satreskrim Polres Nias menyelidiki dugaan adanya delapan desa fiktif atau siluman di Kabupaten Nias Barat, Minggu (17/11/2019).

Tim gabungan itu langsung mendatangi delapan desa tersebut dengan menyeberangi laut selama 90 menit menggunakan kapal nelayan.

Delapan desa diduga fiktif itu telah menerima kucuran dana desa hingga miliaran rupiah. Dugaan itu mencuat setelah Ombudsman RI perwakilan Sumut menemukan laporan adanya warga yang sebagian besar tidak tinggal di desa-desa itu melainkan di daratan Desa Sirombu sejak tahun 2004 lalu.

Delapan desa yang disampaikan ORI Sumut di antaranya Desa Kafo Kafo yang terletak di pulau kecil. Sesuai keterangan kepala Desa Kafo Kafo, di desanya hanya dihuni empat kepala keluarga. Sedangkan 27 KK lainnya tinggal di daratan Desa Sirombu, Kabupaten Nias Barat.

Kasatreskrim Polres Nias Barat, Ipda Martua Manik mengatakan, tim Tipikor sudah diterjunkan ke delapan desa yang berada di pulau-pulau di Kecamatan Sirombu.

“Hasil sementara saat dilakukan kunjungan, sebanyak tujuh desa ditemui sedikit penduduknya dan lebih banyak di daratan Sirombu sejak 15 tahun lalu,” katanya.

Sedangkan satu desa lainnya, yakni Imana sama sekali tidak ada penduduk yang ditemui di desa tersebut. Sebagian rumah penduduk banyak yag sudah tidak ditempati dalam waktu lama.

Untuk penggunaan dana desa, kata dia, saat ini masih dalam penyelidikan untuk mengungkap apakah ada unsur pidana atau tidak.

 

Sumber : iNews.id