Beranda Hukum Polda Sumut Tangkap 3 Pelaku Jual Satwa Dilindungi, Oknum Polisi Terlibat

Polda Sumut Tangkap 3 Pelaku Jual Satwa Dilindungi, Oknum Polisi Terlibat

88
0
Kakak Tua, yang akan dijual di Medan, Rabu (15/1/2020) (Foto: iNews/ istimewa)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap upaya penjualan satwa dilindungi di Kota Medan. Pengungkapan ini di dua lokasi yakni di Perumahan Rorinata Residence, Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, dan di Jalan Sampul, Kelurahan Sei Putih Baru, Kecamatan Medan Petisah.

Dalam pengungkapan ini petugas berhasil mengamankan 3 orang pelaku yakni IR alias Baday, PHH dan LP dari dua lokasi yang berbeda.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan awalnya Tim Subdit 4 Unit 3 Tipiter Dit Reskrimsus Polda Sumut mengamankan pelaku atas nama IR alias Baday di Perumahan Rorinata dan LP di Jalan Sampul Sei Putih Baru.

Baca Juga!  Kronologi Anak Bunuh Ibu Kandung di Deliserdang Dipicu Masalah Sepele

“Dari rumah IR telah ditemukan satwa dilindungi 1 ekor burung kakak tua jambul kuning, 3 ekor burung nuri timur,” kata Tatan, Rabu (15/1/2020).

Saat tengah melakukan pengembangan terhadap tersangka IR, petugas kemudian kembali berhasil mengamankan PHH yang juga merupakan personil dari Polres Langkat.

“PHH diamankan karena membawa 1 ekor burung kakak tua jambul kuning ke rumah IR,” ucap Tatan.

Tak berhenti di kedua tersangka, petugas kemudian berhasil LP di Jalan Sampul, Kelurahan Sei Putih Baru, dan berhasil mengamankan 1 ekor beruang madu yang rencananya hendak dijual.

Kepada petugas, LP mengakui bahwa beruang madu tersebut diperoleh dari seorang pemburu asal Pekanbaru dan hendak dijual dengan harga Rp15 juta ke IR.

Baca Juga!  Ada Luka Sajam di Leher Wanita yang Tewas di Kos Medan

“Dari operasi ini, tim berhasil mengamankan 3 pelaku beserta barang bukti satwa yang dilindungi didampingi tim dari BBKSDA Sumut. Ketiga pelaku langsung diamankan karena tidak bisa menunjukkan surat-surat ijin kepemilikan satwa dilindungi,” katanya.

 

Sumber : iNews.id

 

Loading...