Polisi Bongkar Praktik Program Kehamilan Palsu, Korban 300 Orang dari Berbagai Kalangan

0
32
Polsek Talang Kelapa menangkap tiga perempuan dalam kasus penipuan program kehamilan palsu. (Foto: Dede F)
Dijual Rumah

Palembang, buktipers.com – Polsek Talang Kelapa, Banyuasin mengungkap kasus penipuan dengan modus membantu program kehamilan.

Sebanyak tiga orang tersangka yang semuanya perempuan ditangkap. Ketiga orang tersangka yang diamankan yakni Sarwati alias Teteh yang berperan sebagai terapi urut, dibantu dengan MA sebagai petugas bagian mencatat dan mensugesti pasien, dan DW yang mengaku sebagai bidan.

Kapolsek Talang Kelapa, Kompol Sigit Agung Susilo mengatakan, para tersangka melakukan praktik palsu tersebut di Perumahan Puri Gading Mas, Desa Pangkalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel).

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka sudah melakukan praktik tersebut selamat tiga tahun dan sudah memakan korban sebanyak 300 orang dengan total kerugian berkisar Rp250 juta,” ujar Kompol Sigit, Selasa (29/3/2022).

Dijelaskan Kapolsek, ketiga tersangka akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman paling lama 4 tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Teteh mengatakan, bahwa dalam melancarkan aksinya ada beberapa syarat yang harus dilakukan dan pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh calon korban.

“Kami meminta para korban untuk minum air garam, makan lele bakar dan memakan bunga melatih. Kami juga tidak memperbolehkan untuk memeriksa ke tempat lain. Kalau dilanggar janin itu akan hilang,” katanya.

 

Sumber : iNews.id