Polisi Bongkar Sindikat Peredaran Uang Asing Palsu Senilai Rp2,8 Triliun

0
13
Polisi menunjukkan barang bukti uang asing palsu berbagai pecahan, Sabtu (27/2/2021). (Foto: iNews.id/Eris Utomo).
Dijual Rumah

Banyuwangi, buktipers.com – Polresta Banyuwangi berhasil membongkar sindikat peredaran uang asing palsu senilai Rp2,8 triliun, Sabtu (27/2/2021). Sedikitnya 10 pelaku ditangkap dalam jaringan ini. Mereka merupakan pengedar uang palsu antarkota dan antarprovinsi.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifusin mengatakan, barang bukti ribuan lembar uang asing palsu diamankan dari 10 pelaku tersebut.

Masing-masing uang dollar amerika, Kanada, Hongkong, Yuan China, Ringgit Brunei, Conca Cruzeiro Brazil hingga pecahan rupiah.

“Uang palsu ini dari berbagai negara dan berbagai pecahan. Bila dirupiahkan, mencapai Rp2,8 triliun,” katanya, Sabtu (27/2/2021).

Amran mengatakan, sindikat peredaran uang asing palsu ini beredar di sejumlah kota dan provinsi, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi. “Para pelaku ini kami tangkap di lima kabupaten kota di Jatim. Ini memang sindikat besar,” katanya.

Amran mengaku masih memburu dua tersangka lagi. Mereka diduga memiliki peran penting, yakni sebagai otak kejahatan dan penecetak ribuan lembar uang asing palsu tersebut.

Sementara itu dari hasil pengakuan tersanga, ribuan lembar uang asing palsu rencananya akan diedarkan di beberapa kota di Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta beberapa kota besar lainnya.

“Kami masih lakukan pengembangan. Dari mana mereka memperoleh bahan uang palsu ini dan mencetaknya,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, seluruh tersangka terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

 

Sumber : iNews.id